Ada tiga cinta yg esa!


Judul ku ubah:
Ada tiga cinta yg beda.
Cinta mana yg tak hrs ada?

Cinta-karena ………!
Yailah cinta aktif,
Natural, Alami.

Cinta-jikalau ……!
Yailah cinta reaktif,
Emosional, Duniawi.

Cinta-walau pun!
Yailah cinta proaktif
Spiritual, Illahi.

Salam Pikir Tiga!

Iklan

71 Tanggapan

  1. hehe kesimpulannya alami, duniawi, illahi… 😀

    • @mahardikadewi

      Binatang pintar juga punya cinta,
      Dua, cinta-karena dan cinta-jikalau.
      Manusia kudu punya tiga cinta, kan?

      Salam!

  2. @mahardhikadewi

    Boleh aja begituh,
    Boleh juga begini nih:

    Pencerahanku:

    Aku cinta kepadanya karena dia cantikeh.
    Mataku mengatakan itu rohaniku mengiakan: Alamiah!
    Yg berlawanan saling tertarik yg bersamaan saling tertolak.

    Cintaku
    akan selamanya kalau dia istriku.
    Begitu lah kalkulasiku ketika aku belajar cinta; Duniawiah.
    Mengharuskan ada keadilan seakurat mungkin; Berharap bisa ajaib.

    Sekarang dia demi Allah benar-benar adalah istriku.
    Cintaku konsekwen walau dia kadang bertandukeh; Illahiah.
    Tanpa memperdulikan cengkunek macem-macem yg muncul; Belajar DEWAsa.

    Yah!
    Aku meniru cinta yg Illahi,
    Karna istriku dari Allahku,
    Yang hanya satu!

    Bless Us God!

  3. hehehe… semua hanyalah sebuah perjalanaaan… perjalanan pemurniaaan CINTA… sehingga menemukan CINTA SEJATI… yayaya…. hidup untuk menemukan HIDUP…. pemurnian Hati Nurani hmm.. bagi yang mau mengerti akan arti hidup…
    Salam Sayang..
    *kopi susu + gula*
    *3 in 1*… hehehe… aya aya wae…

  4. Kalau

    Cintaku…
    Padaku…
    Sendiri…

    Gimana ?

    Salam Cinta.

  5. @kangBoed
    Aya aya wae!
    Cai nu herang teu raos.

    Dikopiin,
    Digulain,
    Disusuin.

    Raos pisan cenah!?
    Salam Sayang!

    @haniifa
    Dgn pikir tiga,
    Diri adalah tubuh jiwa dan roh:
    Cinta pd diri antara lain:

    Artinya, kita harus sayang kepada tubuh kita,
    Kita harus memperhatikan apa yang baik bagi tubuh.
    Bukan hanya baik pd makanan, tapi juga pd gerka gerik kita.

    Artinya, jiwa kita hrs ke arah mulia,
    Kita harus selalu cermat pd apa yg benar bagi jiwa.
    Cara memperoleh makanan yg baik itu harus benar.
    Cara mengolah atau menabung makanan itu harus benar.
    Bahkan pemancangan tiang-tiang tumah pun, seratnya,
    Jangan bagian akar di atas bagian pucuk di bawah. dll.

    Artinya kita harus menumbuhkan rohani kita,
    Kita harus bisa terbebas dari apa yg tak baik dan tak benar.
    Gerakgerik itu sebaik tutur kata yg jernih, sopan dan lembut.
    Materi itu bukan diambil dari, tapi diberi oleh.

    Dengan pikir satu,
    Cinta diri sendiri cenderung pd tubuh atau jiwa tok.
    Cinta gituan sering disebut egoistis. Kali!

    Salam Cinta!
    ( no homo )
    NB:
    Gimana nuansa blogmu?

  6. Cinta-cinta…
    Rahman Rahiim…

  7. Yes!
    Hanya dgn cinta
    Kita bisa mendekati
    Rahmatlilalamin, kan Tem?

    Salam!

  8. great, sy suka cinta yang ketiga 😀

  9. Yes!
    Cinta itu kudu ada di kita.
    Dikit-dikit sampaai yg ke tiga.

    Bravo!

  10. saya suka cintanya 3-3!
    tapi kalo boleh ngilangin 1, aku pilih yang cinta-kalau..
    it’s so conditional! sangat bersyarat…..

  11. Loh!
    Yg mau kau ilangin itu adalah cinta yg masuk akal.
    Sisanya adalah cinta yg tak masuk akal.
    Satu lagi cinta yg agak masuk akal.

    Salam!

  12. iman, pengharapan dan kasih. dan yang paling besar adalah Kasih.
    cinta adalah salah satu perwujudan dari kasih.
    KASIH
    KASIH ITU SABAR
    KASIH ITU LEMAH LEMBUT
    KASIH PASTI MEMAAFKAN
    KASIH MEMPERBAIKI KESALAHAN
    KASIH ITU MEMBIMBING
    KASIH ITU MELAYANI
    KASIH MAU BERKORBAN
    SEMUA AKAN MENJADI INDAH DENGAN KASIH

  13. Yah!
    Aku C7 dgn mu!

    Iman, Pengharapan, Kasih;
    Kasih lah yang paling besar.

    Cinta-karna, cinta-kalau, cinta-walau;
    Cinta-walau adalah yang paling besar.

    Iman kudu dgn pikir satu,
    Satu arah … no choice.
    Cinta karena…

    Pengharapan pikir dua,
    Chose, harap-harap cemas.
    Cinta-jikalau…

    Kasih itu pikir tiga,
    Kau mengasihi aku, Allah mengasihimu.
    Mengasihi org yg baik pd mu apalah upahmu.
    Mengasihi org yg membencimu ada pd cinta-walau.

    Salam Positif!

  14. kerennnn…

    yupz…

    cinta adalah anugerah terbesar bagi manusia
    tidak ada satu hukumpun yang menentang cinta

    cinta karena…
    cinta kalau…
    cinta walau…
    yang terbesar adalah cinta walau….
    itulah cinta sejati…cinta ilahi…
    mencintai walau tak dicintai…
    cinta tanpa pamrih
    cinta yang penuh dengan pengorbanan…
    cinta walau, tak mengenal kata egois

    tapi…

    cinta karena dan cinta kalau juga baik adanya…

    yang penting mendatangkan damai sejahtera dan ketentraman hati bagi yang dicintai…

    salam – GBU

  15. Menurutku juga begitu.

    Cinta-karena dan kalau
    Selalu ada pada binatang,
    Bagi kita adalah pembelajaran.

    Tq & GBU!

  16. hmm… indahnya pertemuan dalam cintaaa… dalam cinta ada kasih sayang…. yayaya… tak kenal maka tak sayang… tak sayang maka tak rindu… hmm… indahnya jalan cinta… jalan lurus jalan yang terdekat kepadaNYA… dalam tiket laa hwalla walla quwata… hehehe… yang ditemui hanyalaaah anugerah dan nikmaaat yang ruaaaaaaar biasaaa… sampai menemukan sejatinya laa hwalla walla quwata… hilang lenyap dalam pelukanNYA… hanya para pejalan yang berjalan bisa merasakan hilang lenyap dahaga dan haus… yayaya..
    Salaaam Sayaaaang…

  17. Untuk bisa merasakan cinta, harus pernah merasakan benci.
    Karena segala sesuatunya selalu diciptakan berpasang-pasangan. Akal pikir kita selalu menganalisa berdasarkan perbandingan, pengalaman dan referensi.
    Setelah merasakan benci, barulah kita bisa merasakan cinta yang sejati.

  18. @kangBoed

    Yayaya…
    Tak kenal maka tak sayang…
    Tak sayang maka tak rindu…
    Tak rindu separuh kenal…

    Salam Penuh Rindu

  19. @Lambang

    Selamat datang, Bung Lambang!
    Aku setuju, untuk bisa merasakan cinta,
    harus pernah merasakan benci.

    Dan,
    Benci pun kuras ada tiga:

    Benci-karena,
    Benci-kalau,
    Benci-walau.

    Kutip:
    Setelah merasakan benci,
    barulah kita bisa merasakan cinta.

    Bolehkan kukatakan bayi itu menangis karena benci?
    Benci karena ribut rantang jatuh,
    Benci karena gravitasi, dia tak bisa salto lagi,
    Benci kalau Ortunya menyuruh solat mulu, misalnya?

    Mungkin ide ini bisa dihubungkan dgn artikel “Bayiku”
    Please!

    Salam Damai!

  20. Salam pikir tiga…

    tempat yang asik,
    tempat yang menarik,
    tempat yang kreatif, buat diskusi… apalagi masalah cinta…
    karna yang punya penuh dengan cinta..

    cinta karena…
    cinta kalau…
    cinta walau…

    kisah cinta memang tidak bakalan habis buat dibahas, Usia CINTA seumur dengan sejarah manusia itu sendiri. karena Jika di suatu tempat ada 1000 manusia maka di situ ada 1000 kisah CINTA. Dan jika di muka bumi ini ada lebih 10 million manusia, maka sejumlah itu pulalah kisah CINTA akan hadir.

    tos lami kang teu mampir ke sini euy… sae sanes…?

  21. @nan

    Sae Kang!
    Lami teu lami teu sakuedap,
    Naon nu aya mun teu aya cinta.

    Cinta telah dimulai dengan karena,
    cinta lalu terpilah dengan kalau,
    Bila sudah terlanjur cinta,
    Selangkah maning cinta-walau!

    Cinta lamaku telah kuning,
    Cinta baruku masih hijau,
    Cinta walau kudu putih!

    Mari bertumbuh
    Di dalam cinta!

    Salam Damai,
    Kang Majalengka!

  22. Tak kenal maka tak sayang…
    Tak sayang maka tak cinta…
    Tak cinta maka tak rindu…
    Tak rindu maka tak bertemuuuuuuuuuuuuuuu…

    Salam Sayang
    Salam Rindu.. untukmu.. 😆

  23. Ku rindu pada mu, Boed!
    Aku rindu pada bayiku.
    Yah! … Rindu!

    Kutatap bayiku yg bersedih di kala tidur,
    Kucium bayiku yg tersenyum di kala tidur,
    Ku amati juga di kala dia berkejut tidur.

    What on earth in him, …
    I wondered curiously. …
    Now what?

    Now, I am thinking,
    To think three in a thing,
    Hopping something wonderful!

    Salam Maya!

  24. ah….orang-orang disini pada mabuk puisi gila semua
    aku minggir aja nanti terbawa-bawa gila hihihihihhi
    la..iyalah akukan bukan jago puisi kayak wiro sableng ato jago sair kayak superman hihihihih

    ah sudalah dasar kita ini pada gila semua hihihihihi….hihihihihih

    calam…hihihihihi

    • @Filar Biru

      Hihi mu panjang-panjang; Lima kali panjangnya.
      Semoga bukan asli, yg suka ngagetin org gila.

      I love blue!
      I love green
      I love red

      Salam Sayang!

  25. dihitung-hitung rupanya hihihi aku dasar tukang tagi hutang hihihihhi
    wooiii maren kitatau aku ini juga cayang sama kamu hihihihi
    cumaa warna aku cuma dua kamu tiga, eh ngomong-ngomong aku sedikit aneh dengan postingan kamu ini banyak gilanya dari warasnya hihihihihi
    aku suka blog kamu ini menyegarkan fress gitu lo

    jangan lupa sering2 ke warung jelek ku ya

    calam cayang
    FB

    • waaaaaaaaah.. mas Fillar biru tahu yaaa kerjaan saya tukang tagih hutang… pokoke awas kalau gak bayar hahahaha…
      Salam Sayang

  26. @ kangboed

    jangan-jangan ni anak tukang nagi beneran wele-wele ok saya bayar kang tapi nyicil hihiihiihihh

    salam sayang

  27. @all

    Wah!
    Ada transaksi …
    Ada tiga cinta yg esa.
    Yg mana dasar transaksinya?

    Salam sayang semuayanya!

  28. @maren

    wele-wele dasar tukang tiga dikit-dikit tiga noh… kangboed yang ngutang bukan aku tagi aja ama dia tiga cinta yang esa. aku ragu jangan2 nyeleweng bawa tiga cinta
    ah…ternyata gila semua rupanya….

    calam cayang juga

  29. @Filar Biru

    Beklah!
    Besok aku terbitkan artikel:
    “Cinta itu emang esa!”
    Komenin, ya!

    Salam Sayang!

  30. Siiip
    please

  31. cinta… bahasannya tiada akhir… ^^

    nice blog! sangat menginspirasi! 😀

    salam kenal dari saya,
    .uzzy.

  32. Salam Maya, uzzy!

    Your blog is wonderfull,
    My blog is woderring.
    Let them share.

  33. Kutahu kau punya cinta
    Tetapi cintamu cinta yang mana, Maren ? Cinta karena, cinta kalau, atau cinta walau ? Hik hik hik. Saatnya cinta diuji bukan karena harta dan kinyis-kinyis. Hik hik hik

    • Kenapa yg mana!
      Kan, ketiga cinta itu esa.
      Apa bisa kita hilangkan yg mana?

      Cikar dan cikal ada pd binatang juga.
      Kuperhatikan itu ada pd binatang sirkus.
      Cipun yg tak ada pada binatang. Gimana!

      Salam Damai!

  34. Hi Hi Hi, seperti biasa kamu masih pintar berkata. He he he.
    Anjing terlatih konon sampai mati menunggu tuannya. Jangan meremehkan cinta binatang Maren. Manusia memang termulia tapi bukan jadi alasan untuk meremehkan yang lainnya. Hik hik hik.

    See you

  35. Anjing itu tak bisa mencintai orang lain,
    Seperti mencintai tuannya, kan!
    Tidak ada yg diremehkan di situ, bro!

    Salam Sayang!

  36. Yah mungkin pendapatmu ada benarnya juga. Kalo memang manusia bisa mencintai yang lain bukan karena bukan kalau bukan karena tuannya bukan karena saudaranya atau kenalannya, yah itu baru manusia menurutmu ??? Bah Sulit kali syarat kau itu.

  37. Mulai saja dari suka,
    Kemudian jadi sayang,
    Terakhir menjadi cinta, hehee!
    Cinta itu sebelum dekat ajal tak apa,
    Bila masih ribet kita lakukan sekarang.

    Salam Damai!

  38. cinta itu ada 3…
    1.cinta karena syaitan..artinya cinta maksiat
    2.cinta karena jin.. artinya cinta melalui dukun
    3.cinta karena ALLAH… artinya jodoh kita kekal untuk selamnya…

    • @adek

      Ketiga-tiganya cinta-karena (cikar).
      Cikar itu identik dengan suka.
      Suka itu biasanya alamiah.

      Salam Damai!

  39. Cinta adalah pilihan
    Cara untuk mencintai sesuatu adalah dengan menyadari
    Bahwa sesuatu itu mungkin hilang
    Cinta adalah kunci induk yang membuka Gerbang kebahagiaan
    Kekasih yang bijaksana tidak menghargai hadiah dari kekasihnya
    Sebesar cinta dari si pemberi
    Jika anda ingin dicinta, mencintalah
    dan jadilah orang yang pantas dicinta
    Di antara mereka yang saya sukai atau kagumi,
    saya tidak dapat menemukan suatu kesamaan
    Tetapi di antara mereka yang saya kasihi,
    saya dapat menemukannya: mereka semua membuat saya tertawa
    Persahabatan sering berakhir dengan cinta
    Tetapi cinta tidak pernah berakhir dengan persahabatan
    Kita harus sedikit menyerupai satu sama lain
    untuk mengerti satu sama lain
    Tetapi kita harus sedikit berbeda
    Untuk mencintai satu sama lain
    Cinta yang belum matang berkata:
    “Aku cinta kamu karena aku butuh kamu”
    Cinta yang sudah matang berkata:
    “Aku butuh kamu karena aku cinta kamu”
    Cinta memasukkan kesenangan dalam kebersamaan
    kesedihan dalam perpisahan
    harapan pada hari esok
    kegembiraan di dalam hati
    Siapa pun yang mempunyai hati penuh cinta
    selalu mempunyai sesuatu untuk diberikan
    Cinta sejati dimulai ketika tidak sesuatu pun
    diharapkan sebagai balasan
    Segera sesudah kita belajar mencinta
    Kita akan belajar untuk hidup
    Cinta…
    Jika anda memilikinya, anda tidak memerlukan sesuatu pun yang lain
    Dan jika anda tidak memilikinya,
    apa pun yang lain yang anda miliki tidak banyak berarti
    Cinta tidak dapat dipaksakan
    Cinta tidak dapat dibujuk dan digoda
    Cinta muncul dari Surga tanpa topeng dan tanpa dicari
    Cobalah bernalar tentang cinta dan engkau pun
    akan kehilangan nalarmu

  40. Ya Allah jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya padaMu, agar bertambah kekuatanku untuk menyintaiMu..

    Ya Muhaimin jika aku jatuh hati, izinkanlah aku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut padaMu agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta nafsu…

    Ya Rabbana jika aku jatuh hati, jagalah hatiku padanya agar tidak berpaling daripada hatiMu..

    Ya Rabbul Izzati jika aku rindu, rindukanlah aku pada seseorang yang merindui syahid di jalanMu…

    Ya Allah jika aku menikmati cinta kekasihMu, janganlah kenikmatan itu melebihi kenikmatan indahnya bermunajat di sepertiga malam terakhirMu..

    Ya Allah jika aku jatuh hati pada kekasihMu, jangan biarkan aku tertatih dan terjatuh dlm perjalanan panjang menyeru manusia kpdmu…

    Ya Allah jika Kau halalkan aku merindui kekasihMu, jangan biarkan aku melampaui batas sehingga melupakan aku pada cinta hakiki dan rindu abadi hanya kepadaMu

    Amin….

  41. @fakhrul

    Great inspiration!
    Cintamu telah matang, cintaku belum.
    Nanti aku mampir mendulang cintamu.

    Salam Damai Penuh Puasa!

  42. Belum matang ya lumayanlah. Bisa dibuat rujak cinta. Judul lagunya : Rujak Cinta Setengah Matang. Kamu karangkan lagunya pasti best seller tuh. 🙂 SALAM

  43. @LOP
    Komenin dalemnya sesekali napa, LOP.
    Kau asik menggoda-gado saja kutengok.
    Kletannya cintamu udah pol, bagi-bagi keq!

    Cinta adalah kunci induk yang membuka Gerbang kebahagiaan
    Kekasih yang bijaksana tidak menghargai hadiah dari kekasihnya
    Sebesar cinta dari si pemberi
    Jika anda ingin dicinta, mencintalah
    dan jadilah orang yang pantas dicinta

    Kutipan itu sama nggak dgn anganmu
    “Love is the password of life”, LOP?

    Salam Damai!

  44. walah tambah membingungkan..
    cintai orang tua saja dulu mas tinggal satu soalnya..
    mas aku blogroll ya blognya..
    sedep betul disini adem tapi tetep aja maih gelap gulita…
    mungkin besok baru nemu pelanginya..
    salam damai mas…

  45. Hehe!
    Aku pun, setelah baca tiga kali baru nyadar …
    Mungkin bener juga ada sedepnya!
    Silahkan ling lah jika bener.

    Salam!

  46. tulisan yang bagus bro…

    kasih/cinta:
    eros, philia, agape

    pertama…
    Yesus :”Petrus apakah engkau “agape” Aku”
    Petrus :”Ya Yesus, Engkau tahu, aku “philia” Engkau”
    Yesus:”maka gembalakanlah umatKu..”

    kedua (Petrus mulai bingung)
    Yesus :”Petrus apakah engkau “agape” Aku”
    Petrus :”Ya Yesus, Engkau tahu, aku “philia” Engkau”
    Yesus:”maka gembalakanlah umatKu..”

    ketiga kali…(Petrus semakin prustasi)
    Yesus :”Petrus apakah engkau “philia” Aku”
    Petrus :”Ya Yesus, Engkau tahu, aku “philia” Engkau”
    Yesus:”maka gembalakanlah umatKu..”

    • Horas, Bro!


      Roh Kebenaran, yang memberi kita hidup telah memerdekakan kita dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. Barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

      Yes!
      Petrus dicecar tiga kali dgn pertanyaan dan perintah yg sama oleh Jesus. Mungkin karena tiga kali juga dia hampir menggugurkan imannya. Kontras dgn itu, sebelumnya dia sekali berlagak gagah membela Jesus dgn model kekerasan menjewer telinga hamba Imam Besar berdarah-darah. Di batalkan Jesus caranya itu.

      Salam Damai!

  47. Dan ketika manusia yang penuh emosional ini menanyakan apa yang akan terjadi terhadap seseorang, Yesus menjawab: “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.”

    Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semua Hidup & Ajaran Kristus dan yang telah menuliskannya.

    salam

  48. Cinta cuma dua tujuan.
    1cinta dunia dengan segala keindahan dan nafsu kenikmatannya.
    Cinta akhirat,dengan akhir tujuan dan harapan keabadian.

    • Selamat datang Ibeng!

      Ya! Tinggal dua tujuan cinta jika kau satukan antara cinta natural pencinta lingkungan dgn cinta emosional pencinta keserakahan menjadi cinta dunia. Satu lagi adalah cinta spiritual dgn harapan keabadian.

      Cinta natural mengajari kita akan kebutuhan hidup.
      Cinta emosional mengajari bagaimana mengabadikannya.
      Cinta spiritual adalah cinta keabadian itu.

      Salam Damai!

  49. Mengapa harus ada tiga cinta.
    Cinta cuma ada satu.
    Pilihan cuma ada dua.’ya atau tidak itu saja.
    Orang bijak pernah berkata,berhati-hatilah kalau kamu sedang berduaan,karena iblis menjadi orang ketiga.
    Jika ada orang ketiga maka kita butuh orang ke empat.
    Ketiga adalah keraguan yang permanen.
    Ketiga adalah keraguan,atau si plin plan.
    ‘Ya atau tidak’
    Ketiga adalah pembatas,bisa juga keterangan.
    Jika ‘ ya’ kamu sandingkan dengan ‘tidak’ ,kamu tidak memerlukan ketiga.
    Karena keduanya masing2 mempunyai pembatas atau perbedaan tanpa perlu pihak ketiga.
    Kesimpulannya;
    Ketiga adalah si plin plan,sipengecut,sipembuat onar atau keraguan yang permanen.

    • Wuih, Beng!
      You are something,
      Something questioning!

      Mengapa harus ada tiga cinta.

      Karena ada Alam ada Manusia ada Allah.
      Satu tak ada percuma lah segalanya, kan?
      Cinta alami beda dgn manusiawi beda dgn Illahi.

      Cinta cuma ada satu.

      Getaran cinta itu dari kasih Allah YME.
      Cinta kita hanya meresonansikan getaran itu.
      Hati yang lembut lah yang bisa ikut bergetar.

      Pilihan cuma ada dua.’ya atau tidak itu saja.

      Abstain?

      Orang bijak pernah berkata,berhati-hatilah kalau kamu sedang berduaan,karena iblis menjadi orang ketiga.

      Yah! Berhati-hatilah menampilkan orang ke tiga.
      Orang ketiga harus ada dalam berbagai kehidupan.
      Tanpanya, kehidupan saling menekan tanpa malu.

      Jika ada orang ketiga
      maka kita butuh orang ke empat.

      Jika sudah ada orang ke empat
      Mereka menjadi dua kelompok,
      Kelompok ke tiga akan datang
      Bagai non-block demi kelanggengan.
      Tanpanya, permainan menjadi mandek.

      Ketiga adalah keraguan yang permanen.
      Ketiga adalah keraguan,atau si plin plan.
      ‘Ya atau tidak’
      Ketiga adalah pembatas,bisa juga keterangan.

      Adalah ketiga itu jadinya, Beng!
      Ketiga itu boleh saja si Ragu, si Plinplan, si Golput etc. Dan, begitu halnya kita masih sering si plinplan membedakan jiwa dari roh, selalu ragu dgn kedahsyatan “cinta-walaupun” dan masih golput berharap mati.

      Jika ‘ ya’ kamu sandingkan dengan ‘tidak’ ,kamu tidak memerlukan ketiga.
      Karena keduanya masing2 mempunyai pembatas atau perbedaan tanpa perlu pihak ketiga.

      Pihak itu minimal saksi mata!

      Kesimpulannya;
      Ketiga adalah si plin plan,sipengecut,sipembuat onar atau keraguan yang permanen.

      Menurutku, Beng,
      Jiwa adalah si Plinplan itu, pembuat onar penuh ragu.
      Jiwa ini lah yg harus kita sempurnakan agar seia-sekata
      Menuju kemuliaan!

      Tubuh “tidak” abadi,
      Roh “ya” abadi,
      Jiwa pikir-pikir.

      Salam Damai Beng!

  50. Gini maksudnya,jika anda memaksakan ada pihak ketiga,setidaknya harus ada pihak keempat.
    Manusia berbanding lurus dengan Allah.
    Manusia punya pilihan,Allah punya ketentuan.
    Malaikat berbanding lurus dengan iblis.
    Masing-masing mereka membawa satu misi,keselamatan dan kehancuran.
    Jika cinta lebih dari satu,maka tidak cukup hanya tiga cinta.
    .
    Salam Damai.!

  51. Maaf bung MK.!
    Koment saya terlalu over….!
    Merusak nuansa anda.!
    Salam Damai..!

  52. @Ibeng
    Tak ada yg salah koq.
    Aku sedang belajar membenarkan apa pun.

    Gini maksudnya,jika anda memaksakan ada pihak ketiga,
    setidaknya harus ada pihak keempat.

    Ya!
    Dua pihak tak cukup.

    Seperti pd pencuri vs Polisi.
    Kudu ada Hakim, kudu ada Jaksa.
    Dan, dirasa tak cukup maka ada KPK.
    Entah kalau hrs komisi Negara pula?
    Idealnya Pihak Ketiga itu adalah Allah

    Manusia berbanding lurus dengan Allah.

    Ya!
    Manusia adalah gambaran-Nya.
    Yang diharap dpt meneladani-Nya.
    Tapi dunia ini sudah terkontaminasi.

    Manusia punya pilihan,Allah punya ketentuan.

    Ya!
    Ada kebebasan pd manusia.
    KasihNya dan murkaNya!
    Menentukan hasil kebebasan itu

    Malaikat berbanding lurus dengan iblis.
    Masing-masing mereka membawa satu misi,keselamatan dan kehancuran.

    Ya!
    Misi kita adalah rahmat lil alamin!

    Jika cinta lebih dari satu,maka tidak cukup hanya tiga cinta.
    Salam Damai.!

    Hehehe!
    Kasih itu seperti sungai!
    Tiga itu bisa-bisaku aja, Beng!

    Salam Pikir Tiga!

  53. Ternyata persepsi kita berbeda tentang angka tiga.
    Tiga sama sisi.
    Sisi manapun kau taruh dibawah,akan menghasilkan keruncingan bagian atasnya.
    Mungkin bagi anda angka tiga,adalah angka keramat.
    ”DIKIT-DIKIT ANGKA TIGA”
    *he..he..he..canda ko’*

    • Klo kau baca judulnya “Ada tiga cinta yg esa”. mungkin kau akan bertanya hal yg lain, Beng.
      Kelihatannya aja aku itu omong tiga padahal satu, percis seperti yg kau pikirkan itu. Tiga-ku itu bukan angka matematis tapi angka rohani, TERTIGA, gitu loh.

      Salam Canda!

  54. renungan cinta yang sangat dalam dan kontemplatif. terima kasih telah berbagi 🙂

    • Mari membangun cinta.
      Jangan menjatuhkannya.
      Bilang aja kasmaran klo mo jatuh, hehe!

      Salam Damai Can!

  55. STRUKTUR BANGUNAN CINTA

    Pada mulanya adalah suka, jenis cinta karena
    Pada kemudian adalah sayang, jenis cinta jikalau
    Pada akhirnya ialah kasih, suatu cinta walau pun

    Pada kasih segala suka dan muak dilumat
    Pada kasih segala sayang dan sebel dilarut
    Pada kasih segala cinta dan benci dilarat

    Dalam kasih Ibu kepada beta
    Adalah puncak bangunan cinta
    Yang terstruktur

    Puisi ini diikutkan dalam “Ekspresi Puisi Cinta Satu Bait”:
    http://aliazblog.wordpress.com/2010/02/18/ekspresi-puisi-cinta-satu-bait/

  56. Puisi sudah masuk keranjang. Terima kasih sudah turut meramaikan 🙂

    • Wah!
      Masuk keranjang!
      Aku udah edit lagi tuh dikit.
      Pls masuin gerbong dong! Hehe!

      Aku terlalu iseng aja kali Mba.
      Keranjang itu reputasinya serasa merosot, seolah ia telah dpt digantikan fungsinya oleh kantong plastik hitam. Ah! Sing penting aku ramaikan cinta!

      Bravo!

  57. @MK
    Kelihatannya aja aku itu omong tiga padahal satu, percis seperti yg kau pikirkan itu. Tiga-ku itu bukan angka matematis tapi angka rohani, TERTIGA, gitu loh.
    ______

    Tampaknya dalam alkitab angka2 yg bermakna posiitif adalah 1; 2 dan 4; sementara angka 3 justru negatif :

    Mrk 12:29
    Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu ESA (ONE).
    —–> Hukum yg terutama : Tuhan ESA = SATU

    Mrk 12:30
    Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu (1) dan dengan segenap jiwamu (2) dan dengan segenap akal budimu (3) dan dengan segenap kekuatanmu.
    —-> Mengasihi Allahmu dengan segenap EMPAT (hati, jiwa, jiwa dan kekuatan)

    Mrk 12:31
    Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia 2 seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada ke=dua hukum ini.”
    —-> tidak ada yg lebih utama daripada
    DUA hukum Yesus!

    Luk 22:61
    Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: “Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah TIGA kali menyangkal Aku.”
    —-> malam itu Petrus TIGA kali menyangkal Yesus!

    Penyingkapan 8:13
    Lalu aku melihat, dan aku mendengar seekor burung elang yang terbang di tengah langit mengatakan dengan suara keras, ”Celaka, celaka, celaka bagi mereka yang tinggal di bumi oleh karena bunyi terompet ketiga malaikat lainnya, yang akan segera meniup terompet mereka!”
    ; —–> Celaka (3x) karena bunyi terompet ke-3

    Salam

  58. FC: Tampaknya dalam alkitab angka2 yg bermakna posiitif adalah 1; 2 dan 4; sementara angka 3 justru negatif :
    MK: Yg negatif juga kerap dipake Tuhan,
    Cerdiklah seperti ular … misalnya,
    Yesus menjadi kutuk, disalib.

    Yesus akan datang yg ke dua kalinya,
    Kedatangan pertama seperti domba
    Mungkin yg ke-dua seperti singa.
    Yg berkuasa di jagat raya ini.

    Yg menonjol memang selalu dua
    Yg ketiga selalu tersembunyi
    Menyatukan yg dua itu.

    Tubuh-jiwa dan roh = tertiga.
    Tak pernah tampak sekali tiga,

    Amati aksinya saat kita sadar,
    Cermati juga saat kita tidak sadar.

    Hukum utama ada dua:
    Hukum-1: Kasihi Allah mu
    Hukum-2: Kasihi sesamamu manusia
    Yg ke-3 tak bisa kita elak: Hukum Alam.

    Salam Damai!

  59. pikiran perasaan dn perkataan seseorang itu seberapa besar sebagai indikasi seseorang tumbuh dalam kedewasaan menuju kehidupan yang sejati sepertti yang diingingkan oleh sang Pencipta kepada kita sebagai umat Tuhan ..

    • Hi! Manda!
      Wellcome aboard!

      Menurutku,
      Perkataan yg hrs didahsyatkan utk menuju dewa-sa.
      Mendewa pd yg kuasa, berkuasa pd yg tak berdewa

      Sebab,
      Kata adalah awal utk bicara
      Bicara adalah awal utk berpikir
      Berpikir adalah awal utk percaya

      Percaya adalah awal utk bekerja
      Bekerjar adalah awal utk menjadi
      Menjadi ialah pada akhirnya kata

      In the begining was the Word
      And the Word was with God
      And the Word was God
      [John1:.1]

      Bagi Allah, apa yg dikatakan langsung jadi
      Bagi kita, apa yg kita katakan akan jadi
      [Mateus 21:21]

      Salam Damai!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s