Cinta itu emang esa!

Kala nanti adalah rohaniah; Bangun lah, Sobat!

Kala lalu adalah daging; Makanlah, kenyangkan dia!

Dahulu kala pun air; Minumlah, hilangkan dahaganya!

Kala kini mestinya hanya bicara cinta Allah Yang Esa,

Menumbuhkan rohani abadi tak berkala sesuai cinta,

Mendekat-dekat hingga berkehidupan dengan-Nya.

Kemon!

UNTUK SOBAT- SOBATKU YG SUKA SAYANG CINTA

Di kala kau mencinta,
Bagai ingin memilikinya,
Itu lah yang namanya suka.
Di kala kau amat mencinta,
 Ketika dia mencintaimu,
Itu namanya sayang.
Di kala kau mencinta,
Walau dia bawel melulu,
Ini lah yg namanya kasih.

Itu lah nama mereka
Dlm hobi, bisnis, niscaya
Ada suka, sayang dan kasih.

Suka itu cikar,  cinnta-karena.
Sayang itu  cikal, cinta-kalau.
Kasih itu cinpun, cinta walau pun,
Cinta tanpa pamrih;

“Kasih Ibu Kepada Beta
Tak terkira sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai Sang Surya Menyinari Dunia”

//////////|\\\\\\\\\\

Cinta itu emang memberi
bukan menerima

Cinta itu emang berserah
bukan beroleh

Cinta itu emang damai
bukan adil, gitu loh.

Karena cinta itu surgawi,
bukan duniawi,
Gituloh lagi!

!!!!!!!!!!!!!!

Jadi Blue,

Cobalah berpikir tiga,
Dengan cinta yang esa,
Kreta tak brengsek lama.
Salam Sayang Pikir Tiga!

Iklan

94 Tanggapan

  1. Ampun …. kitatau lo ngomong cinta ampe tiga.
    neh….
    gue juga punya cinta buat lo dan teman2 heheheh

    kukembangkan senyumku seluas samudera
    agar jelas di matamu
    walau aku sendiri tak melihatnya
    namun aku percaya padamu.

    ketika mata dewa mu selidiki hatiku
    tak engkau jelaskan apa isinya
    engkau curiga padaku
    tapi apa buktinya

    sebuah cinta engkau gemggam untukku
    abadikan kisah kita
    engkau tanyakan padaku
    akan hasilnya…

    (tu…lihat anak kita sudah tiga) heheheheheh

    SALAM

  2. di tengah carut marutnya dunia…,
    mari gaungkan terus thema cinta ke seantero jagad…

    • cinta cinta karet.. cinta sampai lengket..
      cinta cinta duit … cinta sampai koit
      cinta cinta sahabat.. cinta sampai akherat
      cinta cinta TUHAN… cinta sampai persatuan
      … dreeeng.. jreeeng.. jreeeeng..
      Asyiiiiik hehehe
      sorry numpang nyanyi lageeee
      Salam Cinta.. KAsih.. Sayang sayangan..

      • ada lagi:
        … dreeeng.. jreeeng.. jreeeeng..
        itempoet maunya “Gongngngng!”
        As syik lah, Kang!

        Salam Suka Cita!

      • Kemanapun ku pergi selalu bertemu TTM bang korlap…………

        Sepertinya semua blog sudah dijajah sama TTM bang korlap.

      • @Fiet

        Padahal semua sudah pada merdeka, ya.
        Koq masih aja ada jajah-menjajah, ahh.
        Perlu diwaspadai penjaja jajahan!

        Salam Damai!

  3. @Filar Biru

    Blue!
    Rame-rame bicara cinta,
    The true blue might be cinta.

    …lo ngomong cinta ampe tiga.
    gue juga punya cinta buat lo
    dan teman2 heheheh

    Ok juga tuh puisi cintamu, jadi mprat.
    Kutukangin dikit:


    kukembangkan senyum samudraku
    agar jelas kpd matanya matamu
    walau aku tak melihatnya
    namun percaya padamu

    ketika mata dewa mu selidik hatiku
    tak engkau jelaskan apa isinya
    engkau curiga padaku
    tak ada buktinya

    sebuah cinta kau gemggam untukku
    abadikan kisah-kisah cinta dulu
    kau tanyakan padaku hasilnya…
    lihat anak kita tiga hahaha!

    Judulnya:
    Senyum samudra
    Utk anak tiga hahaha?

    Salam Cinta!

  4. @itempoeti

    Kau selalu begitu …
    Masang selang …
    Nunggu …

    Ayo dong, …
    Bergaung …!

    Salam Cinta!

  5. cinta mempersatukan dengan yang dicintainya
    cinta membentuk manusia serupa dengan yang dicintainya
    maka silahkan lihat masing masing
    siapakah yang kita cintai.
    Salam Sayang

    • ikut nyanyi yaaaa..
      Ada uang abang sayaaaaaang..
      tak ada uang abang ditendaaaaaang..
      eh.. OOT yaaa.. :mrgreen:
      Salam Sayang

    • Hualah KangBoed!
      Aku baru liat postermu ada.
      Rasanya udah liat ada, koq lupa.
      Mungkin itu pertanda kita secinta!
      Cinta yang mempersatukan
      Alam, manusia dan Tuhan.

      Salam Damai!

    • Hidup ini ada karena CINTA… maka tebarkanlah CINTA dan KASIH SAYANG di muka bumi ini… sebagai bukti dan saksi penyembahan sejati… SANG MAHA PENCINTA yang meliputi seluruh keberadaan
      Salam Sayang
      Salam Rindu untukmu

      • Agree again with you. Brat!

        Pencipta tak pernah membenci ciptaannya,
        Mendaur ulang, ya! Pusing karenanya, ya!
        Menjadi rahmatlilalamin harapaNya.

        Rinduku pd mu!

  6. hahahah.hahahha….hahaah

    ilang streesku hahahah

    ternyata puisiku jadi kembang manis buat maren….hihihihih

    samudera cintaku kulihat disana
    engkau berenang puas atasnya
    ada tiga samudra
    namun engkau ambil semua

    ada tiga samudra yang engaku renangi
    satupun tak engkau ajak aku
    ketika burung camar bernyanyi
    bisikan cemburu untukmu

    burung camar yang engkau tangkap
    kabarkan cintaku padamu
    jangan salahkan camar tebarkan perangkap
    bahwa engkaupun rindu padaku

    di tunggu jawabannya
    haha
    FB

    • @Blue
      hilang streesku hahahah
      ternyata puisiku jadi kembang manis buat maren….hihihihih

      Tanks Blue!
      Kau ternyata bisa manis memuis.
      Kata-katamu hidup dan ngembang!

      samudera cintaku kulihat disana
      engkau berenang puas atasnya
      ada tiga samudra
      namun engkau ambil semua

      ada tiga samudra yang engaku renangi
      satupun tak engkau ajak aku
      ketika burung camar bernyanyi
      bisikan cemburu untukmu

      Hohoho!
      Hai Camar! Katakanlah ..
      Muat koq masih,

      Renanglah, Blue!
      On the blue ocean

      Terbanglah, Blue!
      In the blue sky

      Easy … easy …easy!

      burung camar yang engkau tangkap
      kabarkan cintaku padamu
      jangan salahkan camar tebarkan perangkap
      bahwa engkaupun rindu padaku

      Aji gile!
      Lengket banget, Blue!
      Bravo & Congratulation!

      Salam Cinta!
      (no homo)

    • Sebenarnya blue is romantict… mari blue perhalus rasa itu.. demi CINTA..
      Salam Sayang

  7. jangan bicara masalah cinta
    bila air mata yang engkau bawah tak cukup membujuk-Nya
    namun bawahlah hatimu pada-Nya
    karena Dia sendiri yang punya

    aku tak malu mengemis pada-Nya
    aku juga tak malu membujuk rayu-Nya
    Dialah pemilik Tahta
    menebarkan rahmat dan hidayah

    bila doa kupanjatkan padaMu Tuhan
    sudihkah Engkau perkenan
    para malaikatMu yang membawapun tak enggan
    bila aku jadi tawanan

    cukup aje tige dulu maren
    ntar lu pada mabuk kepanyang hahahahahhaha

    salam cinta juga no homo

    • Wuuuih, Blue!
      Dahsyat sangat!
      Aku harus merenung!

      Tunggu!

  8. @Filar Biru

    Berikut tanggapanku,
    Utk cintamu yg lengket
    Pada perhatianku.


    jangan bicara masalah cinta
    bila air mata tak cukup membujuk-Nya

    Aku percaya itu, Blue,
    Bila air mata tak cukup,
    Cinta cemen meledak!

    Cinta meledak bukan lah bangunan dlm hati,
    Itu sih jenis sayang yang dibangun dari luar,
    “Cinta-karena” yg OD menjadi “Benci-walau”
    Meledug!

    namun bawalah hatimu pada-Nya
    karena Dia sendiri yang punya

    Ya …ya …ya!
    Hati bagai sentolop-Nya,
    Wifi utk nge-link atau utk eling boleh juga.
    Kepada-Nya.

    aku tak malu mengemis pada-Nya
    aku juga tak malu membujuk rayu-Nya

    Ya, betuuul!
    Bagai bocah merengek ke Bapaknya,
    Bagai hamba bersujud pd Majikannya.
    Ragam cara untuk beroleh rida Tuhan.

    Dialah pemilik Tahta
    menebarkan rahmat dan hidayah

    Ya,
    Dia lah pemilik hati dan pikiran.
    Dial lah pemerhati dan pencukupan.
    Kita adalah masterpiece-Nya,
    Yg diharap menjadi rahmatlilalamin.

    Carilah Kerajaan Allah itu terlebih dahulu,
    Lain-lain akan Dia tambahkan untuk kita.

    bila doa kupanjatkan padaMu Tuhan
    sudihkah Engkau perkenan
    para malaikatMu yang membawa pun tak enggan
    bila aku jadi tawanan

    Kurasa sudi,
    Tuhan itu dekat pd yg berseru dgn hati,
    Bukan yg berseru dgn latah atau jatah.

    cukup aje tige dulu maren
    ntar lu pada mabuk kepanyang hahahahahhaha
    salam cinta juga no homo

    Ahhh!
    Terima kasih lah
    Salam Cinta Lagi!

  9. Cinta terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
    1. Cinta monyet
    2. Cinta lokasi
    3. Cinta segitiga
    4. Cinta bertepuk sebelah tangan
    5. Cinta persahabatan
    6. Cinta kasih sayang
    7. Cinta pandangan pertama
    8. Cinta agama
    9. Cinta pada Allah SWT
    10. Cinta pada Nabi Muhammad SAW
    11. Cinta pada keluarga
    12. dst…….

    • hahaha.. yayaya.. cinta.. masa muda jadi pengobral cinta.. eee.. udah tua sekarang masih ngobral cinta juga.. memang hidup ini ada karena CINTA
      Salam Sayang
      Salam Cinta damai

      • @KangBoed

        Betul sekali, tuh! C7!
        Cinta itu menumbuhkan,
        Benci itu merubuhkan!

        Salam damai … sayang!!

  10. Ternyata temannya bang korlap yang merespon.
    Kembali ke topik:
    12. Cinta harta
    13. Cinta lingkungan
    14. Cinta damai
    15. Cinta hati
    16. Cinta musik
    17. Cinta buta
    18. Cinta seni dan budaya
    19. Cinta dua sejoli
    20. Cinta dua insan
    21. dst..

    • @Fietria

      Koleksi cintamu banyak banget 21 bh.
      Bisa kali dikelompokkan dua atau tiga,
      Dari belajar cinta hingga cinta mahir, hohoho!

      Salam Damai!

  11. Katanya mau ngajak burung-burung bernyanyi, kok sampai sekarang belum ada satu burungpun yan bernyanyi?
    Di harapkan kunjungan baliknya lho.

    • Sorry!
      Aku pasti datang koq.
      Berkunjung ke kandang burung.
      Semoga ada lagunya di sana!

      Salam Damai!

  12. @ Maren

    tanggapan puisi cinta ku boleh juga….heheheh
    ternyata kamu orangnya serius juga,
    juga bisa diajak bercanda. hihihii

    cinta itu memang esa
    bila engkau rebut banyak yang resah
    akupun unjukan wajah
    bukan marah bukan pula dusta

    cinta itu memang esa
    punya kamu punya kita dan punya Allah
    siapa yang punya hidup bahagia
    biar miskin biar susah

    cinta itu memang esa
    laksana putih salju angkasa
    semua terpana bersahaja
    menjerat jiwa-jiwa

    hmmm….ada yang mau nambah?

    salam

  13. thanks for comment on my blog…well, you’re analysis about care and love is good.
    regards,
    ehadaian

  14. Filar Biru – 16 Juni 2009 at 19:01
    @ Maren
    tanggapan puisi cinta ku boleh juga….heheheh

    Itu hanya bisa-bisa ku,
    Semoga tak berbisa,
    Sealain bercanda, haha!

    ternyata kamu orangnya serius juga,
    juga bisa diajak bercanda. hihihii

    Aku juga heran kpd mu, Blue!
    Kliatan duhay padahal yahud juga tuh.
    Coretanmu mantep, tak bantep, idup gituloh!

    cinta itu memang esa
    bila engkau rebut banyak yang resah
    akupun unjukan wajah
    bukan marah bukan pula dusta

    Ahh!
    Koq resah sih!
    Kan cinta itu bertaburan,
    Walau emang dia esa.


    cinta itu memang esa
    punya kamu punya kita dan punya Allah
    siapa yang punya hidup bahagia
    biar miskin biar susah

    Ya…ya…ya!
    Betul sekali, Blue!
    Miskin di harta kaya di cinta,
    Itu lah kunci bahagia hahaha!

    Pada persaingan ada derita.
    Pada cinta tak ada persaingan.
    Bagaimana mungkin kita bisa kalah bersaing, kan?
    Jadi, mungkin cinta itu lah kunci tralala-trilili kita!


    cinta itu memang esa
    laksana putih salju angkasa
    semua terpana bersahaja
    menjerat jiwa-jiwa

    Wuihh!
    Menjerat jiwa-jiwa …
    Keren abis tuh kata dan I like it.
    Cocok dgn ceritaku ttg ending kita,
    Ending dgn rohberjiwa ato jiwaberroh.

    Bila cinta menjerat jiwa, ending kita roh berjiwa.
    Bila jiwa menjerat cinta, ending kita jiwa beroh, hohoho
    Dahsyat, Blue! Minimal dahsyat bagiku!


    hmmm….ada yang mau nambah?
    salam

    Hmm!
    Kurasa banyak yg mau nambah,
    Konsepnya udah di ubun-ubun,
    Ngluarinnya garuk-garuk ragu.
    Gatal sih tidak enak ntah lah!

    Salam Damai My Friend!

  15. waw.. makasih atas kunjungannya.. ^_^

    Salam kenal juga!

    Saling kunjung lg ya friend! 🙂

    Salam Maya Balik! hahaha

  16. @ maren

    aku tak suka engkau puji begitu gara-gara pujian mu aku ngerokok jadi terbalik sialan….hahahahahah
    aduh…aduh….panas mak….akkh
    sssssuts diam…berisik…. heheheh

    ku nyatakan cintaku lewat bilangan
    antara satu dua dan tiga
    ku beri engkau kesempatan
    agar engkau tak ragu padanya

    engkau curi hatiku dengan satu bilangan
    aku ragu apakah engkau dapat menghitungnya
    namun aku tak merasa kehilangan
    disaat engkau mengembalikannya…

    biar sesak dada ini penuh dengan namamu
    aku tak peduli…
    disaat engkau bongkar hatiku
    adakah yang lain engkau temui…

    hmmm…kutujuhkan khusus padamu maren…tidak yang lain…kecuali….

    calam cayang

    • *manggut manggut*.. yayaya.. selamaaaat bercinta yaaaaaaa..
      Salam Chayank

  17. @Sobatku Blue

    Bener kata KangBoed,
    Blue is a romantic one.
    But, hati-hati, …

    aku tak suka engkau puji begitu
    gara-gara pujian mu rokokku terbalik
    sialan….hahahahahah aduh…aduh….panas mak….
    Akkh sssssuts diam…berisik…. heheheh

    Berarti kau di eling kan …

    Ya!
    Hati-hati lah terhadap pujian,
    Pujian kerap menghempaskan,
    Banyak artis terbungkus pujian,
    Tak bisa nafas dan nungsep cepat.

    Orang tua sering melarang anaknya ngenyot jempol.
    Alasannya sederhana dan masuk akal; Cacingan!
    Kau diacungi dua jempol dariku dan KangBoed,
    Rokokmu langsung terbalik, bibir panas …
    Cacing, Gan! Katanya, kali!

    Berikut satu jempok lagi utk mu!
    Awas, jaga kesehatan Imanmu,
    Jangan sampai cacing, gan.

    Berikut ini terinspirasi dari puisimu,
    Aku boleh lega pd Timur sekarang.
    Berikut kutipan: 13 Jun 09,


    namun bawalah hatimu pada-Nya
    karena Dia sendiri yang punya

    Ya …ya …ya!
    Hati bagai sentolop-Nya,
    Wifi utk nge-link atau utk eling boleh juga.
    Kepada-Nya.

    Kubandingkan,
    “elink”, kata dahsyat yg baru bagi Barat utk electronic services.
    “eling” itu cerita lama bagi kita Timur utk hal-hal dahsyat.
    Apa kebenaran juga, org Timur duluan tau kelahiran Isa?

    Juga, misalnya:
    Astronot dan robot adalah barang baru bagi Barat.
    Gatotkaca, “otot kawat tulang besi” adalah lagu lama.
    Apa kebenaran juga, org Timur duluan punya ide-ide begitu?

    Kalau benar demikian,
    Berarti Timur itu sebenarnta cemerlang,
    Kerjanya aja malang, cepet panas, keringatan.
    Apa boleh buat!

    Segitu dulu, Blue!
    Selingkan rohani sesekali kedunia.
    Coretanmu yg lain mantap dan …
    Perlu waktu utk merensponnya.

    Salam Cinta!

  18. cinta itu luka yg menganga …
    cinta itu duka yang nestapa …
    _salam anget_

  19. Welcome aboard, Acha!
    Di sini angat … hehe!
    Dingin tidak panas tidak.

    Salam Damai!

  20. @retdew

    Lagi jatuh cinta, ya,
    Atau baru naik pitam?

    Kenapa cinta itu jatuh?
    Dan kenapa istilah pitam malah naik?
    Pan bagusan naik cinta jatuh pitam, ha ha ha ha ha!

    Salam Damai Dew!

  21. wahai kalian yg saling berbalas cinta,
    di sini aku terpuruk bingung mencari maknanya

    • Makna seperti apa lagi yg kau cari,
      Sedangkan senyum mu sudah menarik, hah.
      Jangan serakah begitu dong …hehe!

      Salam Damai!

      • Jawabanmu itu nggak nyambung Maren. Hi hi hi. Jan jan

      • Pan ada hehe-nya!
        Sambungin dong LOP
        Bila masih janggal!

        Salam!

  22. Ada apa dengan cinta *AADC Mode On

    • Ada cinta pada ku, Wah!
      Harga cinta mungpung anjlok,
      Tak terhingga di seluruh pelosok.

      Ambil lah yang esa!
      Dalemnya bisa tiga:
      Cikar, Cikal dan Cipun.

      Welcome aboard, Wah!

  23. @Blue yg 18 Jun 09!

    Ini nih yg berat kiloannya.
    Aku haru merespon tapi.
    Respon yg jujur tentu.


    Kutip:
    ku nyatakan cintaku lewat bilangan
    antara satu dua dan tiga
    ku beri engkau kesempatan
    agar engkau tak ragu padanya

    Aku telah banyak bilang,
    Ada tiga cinta yang esa,
    Tapi tiga itu koq esa,
    Katanya!

    Aku diem! Ya, diem aja!
    Marah, tak guna ada cinta,
    Malah guna nambah dosa, kan?

    Berat, berat sekali
    Memuaskan otak-otak bantalan pikir
    Sak udel-udelnya lokomotif jalan lurus.

    Konversikanlah diem-ku itu, Blue!
    Terserah nilai tukar hari ini.
    Begitulah agar-ku, agar kau tak ragu

    Napas dulu ah!

  24. ah cinta
    oh cinta
    aih cinta
    adow cinta
    wow cinta
    ya ammpuuunnn cinta
    tobaaaat tobat cinta
    cintaaa cinta
    cinta?
    ciiinta

  25. @all

    Sorry!
    Aku belum pernah ketawa segitu panjangnya …!

  26. @Blue yg 18 Jun 09!

    Lagi nih yg berat kiloannya.
    Aku harus merespon tapi.
    Respon yg jujur tentu.


    engkau curi hatiku dengan satu bilangan
    aku ragu apakah engkau dapat menghitungnya
    namun aku tak merasa kehilangan
    disaat engkau mengembalikannya…

    Wah!
    Bilangan hatimu adalah kedalamanya,
    Kedalaman hatimu tentu tak terhingga,
    Berkurang satu bilangan takkan terasa,
    Ku tau kau takkan mudah kecewa,
    Karna itu adalah suatu teladan.

    Dan,
    Bagai mana mungkin ada kehilangan
    Pada sesuatu yang tak terhingga?

    Hah!
    Nafas lagi ah!

  27. @Blue yg 18 Jun 09!

    Terakhir yg lebih sesak kiloannya.
    Aku harus merespon juga.


    biar sesak dada ini penuh dengan namamu
    aku tak peduli…

    Duhhai!
    Yg ini yg aku tak ngerti, blass!
    But you are in my prayer!


    di saat engkau bongkar hatiku
    adakah yang lain engkau temui…

    Pada kedalaman hatimu yg tak terhingga itu,
    Tentu ada harta karun keselamatan di dasarnya,
    Hanya engkau sendiri yg dapat menyelaminya.
    Aku hanya menduga-duga seperti yg ada dlm hatiku.
    Imanmu lah yg menyelamatkan mu, bukan siapa-siapa.

    hmmm…kutujuhkan khusus padamu maren…tidak yang lain…kecuali….
    calam cayang

    Tanks, Blue!
    Aku telah cukup terpuaskan
    Oleh setiap kata yg kau lontarkan.
    Semoga responku yg belepotan ini
    Tak membuatmu kecewa!
    Demikian.

    Salam Penuh Damai!

    • Damai di Hati
      Damai di Fikir
      Damai di Bumi
      Damai di Langit

      Salam Sayang

  28. esa itu echad, didalamnya tidak ada unsur pembagian atau urutan, esa berarti tidak ada yang lain. Dialah satu-satunya. …think about it…:-)

  29. @deardo

    Di artikelku yg lain, “Ada tiga cinta yg esa”,
    Can you think about it or about may be them!
    Cikar, cikal dan cipun, yg mana bukan cinta?

    Salam Damai!
    NB:
    Gimana pikir dua-nya, Bro!

  30. Wah wah lagi rame ngomongin cinta ya..
    Cuma mau pesan jangan sampai cinta kepada manusia melebihi cinta kita kepadaNYA
    Salam super
    duper lover…he he

  31. Kedalaman samudra itu ukurkan hatiku
    Panjang bergelombang lintasannya
    Ketika airnya percikan wajahmu
    Segarkan urat nadi nan merana

    Bila percikkan itu tak mampu segarkan jiwamu
    Masih ada embun pagi gantikan basahnya
    Namun bila air itu jadikan mimpimu
    Maka bangunlah segera

  32. @aditya

    Tanks himbauan mu, Dit!

    Aku juga baru mau mengingatkan lagi – ada di Pikirtiga,
    Bahwa sejarah telah membeberkan resiko cinta yg timpang
    Antara kpd manusia, kpd alam dan kpd Tuhan; Payah melulu!

    Perhatikan jaman-jaman komunis yg mengabaikan Tuhan.
    Perhatikan jaman-jaman diktator yg teragungkan diri.
    Perhatikan jaman-jaman sufi menclok tinggi sendiri.

    Kata kuncinya, “imbang”
    Kasihilah Tuhan dan sesama mu.
    Tak mencintai alam dah tau resikonya.

    Salam Super,
    Salam Damai!

  33. @Blue

    A nice poem!

    Bahwa alam pun ternyata bersabda.
    Lebih mudah belajar dari sabda alam,
    Dari pada belajar dari sabda buku.
    Kombinasinya lebih baik tentu.

    Go dear go!

  34. @aditya again

    Salam super!
    Jadi lebih aku inget Mario Teguh,
    Dari pada supermi berdaun salam.

    Aku kagum pada Mario Teguh, pemikirannya.
    Bagiku dia adalah sosok Islam yang tanpa bulu,
    Islam yg berhaluan Islam, bukan karena botak, loh!

    Salam Super!

  35. Wach aku lagi jatuh cinta nich…………

    • Bangunlah …
      Jangan jatuh …
      Nanti ketiban sial,
      Pitam malah naik!

      Salam, Kul!

  36. wowww KEREN! aku link yhaa!

    salam CINTA 😉

    • Silahkan, Chi!
      Mungpung cinta lagi murah,
      Borong semua agar cerah haha.

      Salam Damai!

  37. wahduh para senior pada nangkring disini toh..
    yang muda ikutan diblakang aja ya..
    iya..ya betul juga kata mas lambang ini blok isinya membingunkan kaya ada merah, biru, putih dan kuningnya..
    sedep bener

  38. Hay bat!
    Wellcome again.
    Semoga Rafi telah ringan.

    Salam Damai!

  39. udah mas tap ada sedikit yang masih mengganjal…
    dan sudah saya samapikan di blog saya..
    semoga mas maren mau membantu dalam arti ihklas itu agar tidak menjadi kesimpang siuran..
    mohon…

  40. ah……. saya bener-benr tersudut sekarang mas maren, harusnya kata-kata merdeka itu saya cerna baik-baik dan kata-kata dari mas lambang juga saya simak baik-baik.
    mana saya sudah ngutip atrikelnya ms maren lagi.
    mas maren saya mohon maaf ya dan sungguh-sungguh saya menyesal.
    terima kasih telah mengasih informasi dengan kata RUNYAM…

  41. It is my pleasure, Mba!
    Try harder and tougher
    To freedom all out,
    Nothing left behind.

    Bila kita menahan jarahan,
    Maka jarahan akan menahan kita.
    Bila kita menyembunyikan mas sebatang,
    Maka mas itu pun menyuruhmu sembunyi dari Boss.

    Yg gini-gini tak butuh dalil.
    Merdekakanlah suatu apa pun,
    Maka kau akan merdeka dari suatu.

    Salam Merdeka Jo!
    Maaf aku telah jengkel.
    May God be glorify to you!

    • Artinya untuk merdeka kita tidak merasa perlu punya apa-apa ??? Hi hi hi.
      Rasa takut kehilangan yang membuat kita tidak merdeka ? Atau justru bagian dari kemerdekaan itu ???

      ( mringis mode on) Hi Hi hi
      Pa Kabar Maren ?

    • Artinya:
      LOP mulai dalam bermain cerdas.
      LOP mulai bosan becek-becekan.
      Hehehe … Kabarku baik Brath!

      Salam in Love!

      • mulai dalam, atau
        mulai, dalam

        salam mulai.

      • LOP mulai dalam dan tak membosankan.
        Sementara hh muali kritis berbahasa.
        Aku mulai bangga lah! Semoga!

        Salam Mulai!

      • bukannya dari dulu sudah kritis?

        salam kritis, brath

      • Keknya bener deh,
        LOP mule keren dan jantan!

  42. Yang dulu itu kebanyakan keris …!

    Salam krisis Bro!

    • Apa maksudmu si HH kebanyakan keris ??? Memangnya dia pandai besi 🙂 Bawa keris itu aturannya cuma satu, kalo banyak jadinya kerismon.

      SALAM Maren

      • Kalo kerisnya pa’ sword yang banyak jadi swordmon. Hehehe.

        salam Luv.

  43. Dari Pambudi Nugroho –
    Oktober 15, 2009 at 08:46

    Bung Maren yang berbahagia,
    Tiga Cinta adalah tiga toples gula-gula.
    Setiap saat kita menikmati manisnya.
    Kita dapat mengambilnya kapan kita mau,
    bahkan membagikan kpd orang lain.
    Namun, jika kita hanya mengambilnya
    tanpa mengisinya kembali,
    bukankah toples itu akan kosong?….
    atau kita biarkan kosong
    karena gigi kita mulai sakit
    karena banyak gula?

    Jadi yang salah gula apa toplesnya ya??
    (ngomong opo toh aku..mumet aku)

    Tank Pam yg ganteng!

    Kepada tiga topless gula-gula cinta!
    Aku tak ngerti mo respon apa an, porn!
    Perbaikilah jika sale-sale kata, ya Pam!

    Tiga toples ful tiga cinta gula-gula,
    Gula-gula cinta manis girang digigi
    Lagu-lagu suka, sayang dan cinta.

    Toples Suka,
    Sering dimulai dari gula berlagu-blagu,
    Dari toples the top-one berwarna putih keras berseri,
    (Uhh, klo bisa jangan kleatan anak tekaknya, yak)

    Toples Sayang,
    Sering berlanjut dengan gitar begile-gile,
    Terlebih jika isi toples the middle two itu
    Amat semlohoy coklat kenyal melambai hoho!

    Toples Cinta,
    Kudu mengahiri gula lagi-lagi,
    No more lagu-lagu gile-gile,
    Karena cinta selalu menjadi.
    Menjadi cinta atawa menjadi benci.
    Toples three the hiden one,
    The dark mystery to everyone!

    Hehe!
    Salah benar itu soal nanti aja, Pam!
    Kita belajar membenarkan segalanya.

    Peace Luv!

  44. ya memang ada benarnya,
    heheheh.
    sebaiknya cinta jangan di bahas semata tp di jalankan dan di khayati dg ikhlas.

    • Ya!
      Memang terlalu pandai kita membahas itu cinta.
      Ibu yg baik yg tak pernah membahas itu cinta.
      Dia hanya melaksanakan cinta tanpa teori.

      Seperti itu lah hendaknya cinta kita itu nyata.
      Seperti kepada Tuhan dan sesama manusia.
      Itu lah hukum pertama dan ke dua yg sama.

      Salam Damai!

  45. Puisi ini kan yang ikut Parade Puisi Cinta ? Bukan yang mejeng di kolom komentar di blog saya ?
    terima kasih atas peran sertanya
    Saya catat sebagai peserta di Gerbong 5 mas.
    Salam hangat dari Surabaya

    • Terima kasih Pak D atas mampirnya!
      Yg nangkring di sana adalah uneg-uneg.
      Yg ngangkang di sini adalah karya cipta.

      Salam Hangat!

  46. […] Maren Kitatau. Cinta Sayang Suka […]

  47. saya dapat perintah dari Pakde kesini, untuk menikmati puisi memukau dari Maren Kitatau.. 🙂

    • Terima kasih atas pukauannya, Bun!
      Semoga aku tambah rajin memuis.
      Seperti Bunda lah gitu, minimal!

      Salam Cinta!

  48. ehm…
    ga bisa berpuisi…
    ~_~
    salam kenal semua

    • Kau harus bisa Yosua,
      Agar marah tak ketara,
      Pukul dinding kena muka!

      Salam Ehm!

  49. Aku membaca karena Cinta
    Aku menulis karena Cinta
    Aku berpikir karena Cinta

    Aku gak ngapa-ngapain juga karena Cinta
    Cinta emang Uhuiiii…..

    tank’s dan kunjungi blogku [amatiran Gan….]
    Salam Sahabat…!!!

    • Salam Persahabatan!
      I love you full karena cinta
      Aku dah kunjungi blogmu karena cinta, cihuui!

      Mungkin,
      Karena cinta adalah kontras dgn “cinta-karena”
      Karena cinta adalah illahi, “cinta karena” itu manusiawi
      Tuhan mencinta kita lebih dulu, kita sedang membangunnya

      Salam Damai!

  50. Assalaamu’alaikum wr.wb Maren Kitatau…

    Perasaan suka, kasih dan cinta merupakan perluahan yang berada dalam tingkatan tersendiri. Untuk mencapai cinta, kita perlu melalui rasa kasih yang dalam. Untuk menghasilkan kasih kita perlu menyukainya dipermulaan walaupun dari sisi lain, ia bermula dengan benci yang akhirnya jika disirami kebaikan akan memunculkan kasih yang abadi. Kerana itu orang bilang, jangan terlalu membencu nanti ditakdirkan jatuh kasih padanya. Hukum karma barangkali ya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Mu’alaikum salam SF!
      Terima kasih responnya!

      SF:
      Kerana itu orang bilang,
      jangan terlalu membenci
      nanti ditakdirkan “jatuh kasih” padanya

      MK:
      Oo, mungkin ini sebab beda pandang itu
      Indonesia kerap bilang “jatuh cinta”
      Malaisyaa kerap bilang “jatuh kasih”

      Ada syair lagu:
      “Jatuh cinta berjuta rasanya …”
      Lagu yg dinyanyikan Edi Silitonga.

      Beda lagi syair:
      “Kasih Ibu kepada beta …”
      Spt terselip dlm posterku.

      Dari sini aku berangkat, bahwa
      Kualitas cinta tertinggi yg terasa
      Ialah cinta Ibu kpd anaknya, “kasih”

      Itu sebabku kasih itu = cinta walaupun.
      Walau anak nakal, bandel, cinta Ibu tetap.
      Kasih Allah kpd manusia lebih dari itu tentu.

      Lalu menurut Bunda,
      Mengapa hal itu dikata “jatuh”
      Jatuh cinta atau jatuh kasih itu.

      Apa karena kerap cedera?
      Apa karena dari atas ke bawah?
      Apa jantungnya serasa jatuh copot?
      Ah!

      Silahkan Bun!

      Salam Damai Bun!

      • Salam Ramadhan Maren…

        Hehehe…. kalau cinta dan kasih bisa jatuh-jatuh hingga yang melaluinya boleh rasa terluka, bahagia, sedih, pasrah dan pelbagai emosi lagi.

        Nilai kasih amat tinggi sehingga membawa kepada sayang dan cinta. makanya selalu kita membaca Allah Itu Maha Pengasih kepada semua makhluknya dan Maha Penyayang kepada mereka yang beriman.

        Jatuh kasih dampaknya lebih hebat dari jatuh cinta. Cinta tidak akan muncul tanpa ada perasaan kasih dalam jiwa.

        Lalu wujudlah istilah Kekasih bukan kecinta…hahaha, lucunya ya.

        Iya jatuh itu masak-nya ke atas, Maren.
        pastilah ke bawah.

        lalu mereka yang “dijatuhkan” ini bisa merasa rebah dan lelah atas kesan yang diterima pada jatuh kasih dan jatuh cinta itu.

        Kalau jatuh kasih biasanya kita akan memupuk indah tanpa mencederakan. Hebatnya kalau jatuh cinta, kita akan berkorban apa sahaja demi cinta, kan. lalu cinta dan kasih menjadi harapan kepada kedamaian hati dan kesempurnaan raga.

        Begitulah pendapat saya, maren Kitatau.
        Salam ramadhan yang mulia dari sarikei, Sarawak. 🙂

  51. Terima kasih, Bunda!

    Bicara cinta tak tuntas direka.
    Masing2 kita boleh pikir dan bicara
    Aplikasinyalah yg lebih utama, ya Bun!

    SF: Hehehe…. kalau cinta dan kasih bisa jatuh-jatuh
    hingga yang melaluinya boleh rasa terluka, bahagia,
    sedih, pasrah dan pelbagai emosi lagi.

    MK: Pendapatku pun begitu kepada ide “jatuh cinta”.
    Cinta itu jatuh dari yg agung ke yg lemah, menguatkan.
    Cinta itu jatuh dari yg luhur ke yg rendah, meninggikan

    Sebaliknya adalah “naik pitam”
    Mengapa pula pitam itu naik?

    Banyak pengguna cinta hanya pd birahi
    Di kala gagal jatuh cinta bisa naik pitam
    Dia hanya ingin naik cinta utk jatuh pitam
    Heheh …

    Cinta surgawi dicurangi menjadi nikmat duniawi.
    Cinta duniawi berbiak menjadi perusak bumi
    Manusia harus berbalik kepada cinta Illahi.
    Ya, kan, Bun!

    SF: Nilai kasih amat tinggi sehingga membawa kpd sayang dan cinta. makanya selalu kita membaca Allah Itu Maha Pengasih kepada semua makhluknya dan Maha Penyayang kepada mereka yang beriman.

    MK: Ya! Yang terbesar pd Allah adalah Kasih.
    Segala ke-maha-an-Nya adalah demi Kasih.
    Kasih Allah kepada manusia begitu besar.

    SF: Jatuh kasih dampaknya lebih hebat dari jatuh cinta.
    Cinta tidak akan muncul tanpa ada perasaan kasih dalam jiwa.
    Lalu wujudlah istilah Kekasih bukan kecinta…hahaha, lucunya ya.

    MK: Ya, ya, ya!
    Ada istilah kekasih bukan kecinta, hehe.
    Ada istilah pecinta alam bukan pekasih.
    Istilah terima kasih bukan terima cinta.

    Jatuh kasih vs jatuh cinta, aku belum ada pendapat.
    Jatuh kasih belum kerap ku dengar seperti jatuh hati
    Tapi pendapatku cinta itu adalah merupakan isi-nya.

    Suka itu berisi cinta-karena …
    Sayang berisi cinta-jikalau …
    Kasih berisi cinta-walaupun …

    SF: Iya jatuh itu masak-nya ke atas, Maren. pastilah ke bawah.
    MK: Hehe! Jatuh hati, falling in love, jatuh cinta, jatuh kasih.
    Jatuh, ya, ke bawah. Dan yg bisa ke bawah hanya yg dari atas.

    FS: lalu mereka yang “dijatuhkan” ini bisa merasa rebah dan lelah
    atas kesan yang diterima pada jatuh kasih dan jatuh cinta itu.
    MK: Yang “dijatuhi cinta” bisa merasa bangga bila tepat,
    Bila cintanya “jikalau” mungkin yg dijatuhi “naik pitam”.
    Hehe!

    SF: Kalau jatuh kasih biasanya kita akan memupuk indah tanpa mencederakan. Hebatnya kalau jatuh cinta, kita akan berkorban apa sahaja demi cinta, kan. lalu cinta dan kasih menjadi harapan kpd kedamaian hati dan kesempurnaan raga. Begitulah pendapat saya, maren Kitatau.
    MK: Terima kasih, Bunda telah berbagi!
    Terima kasih bukan terima cinta
    Istilah kekasih bukan kecinta
    Kasihan bukan cintaan

    Salam Damai!

    • Assalaamu’alaikum wr.wb, Maren….

      Saya senang menukil bicara yang membuat kita lebih kritis dan kreatif dalam memahami sesuatu konteks yang dekat dengan kehidupan manusia.

      Masya Allah, indahnya cinta Allah itu bisa menguatkan jiwa manusia yang jatuh hati pada keagungan-NYA. Malah mampu mengangkar darjat manusia sangat mulia di sisi-NYA. Semoga kita termasuk golongan yang diredhai Allah Aamiin.

      “Mengapa pula pitam itu naik?”

      Hahaha…. soalan ini lucu dan menggamit hati untuk memikirkan logiknya..

      Menurut saya, kalau pitam itu naik itu bererti ia berada di kepala dan dunia jadi pusing-pusing dek bayang hitam sudah menjelma. Ini mungkin akibat dari getaran dan goncangan jiwa yang sudah tidak ada pedoman saat menerima sesuatu perkara atau khabar.

      Maka bila pitam naik di kepala, kita bisa memberi urutan yang sewajarnya agar kembali sadar. Ia berada di dalam tetapi terapinya di luar. Urutan itu mampu mengembalikan ketenangan dan kesadaran setelah kepala dibuai-buai oleh tangan yang pandai…. hehehe.

      BEZANYA dengan jatuh hati dan jatuh kasih. Tidak ada siapa yang mampu menenangkan geloranya kerana jatuhnya di dalam tubuh. lalu, siapa yang berani memberi urutan cinta dan kasih agar hati yang berpusing goncang itu bisa kembali normal dan tenang…

      Dampaknya, Jatuh cinta dan jatuh kasih mampu membuat manusia naik pitam ya…. hehe. Rugi jika membiarkan jiwa dibuai cinta yang tidak memberi manfaat pada akhirat.

      Ayat di bawah ini sangat menarik sekali. ternyata apa sahaja yang dihubungkan dengan cinta dan kasih mampu digambarkan dengan bijak sana oleh mereka yang akalnya sihat.

      “Terima kasih bukan terima cinta
      Istilah kekasih bukan kecinta
      Kasihan bukan cintaan”

      Terima kasih Maren, sudah berbagi tentang ini. Lama sudah tidak menulis komentar panjang-panjang begini. Jika yang tidak faham, bisa melihat bintang dan kunang-kunang untuk memahaminya.

      Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  52. Ya, Bunda!
    Ini pandangan ku lagi.
    Cinta itu muasalnya dari Allah.

    Cinta itu aslinya damai,
    Damai rumusnya berserah
    Berserah itu artinya memberi
    Selalu dari atas ke bawah, “jatuh”.

    Jika ku katakan, “I love you!”
    Dibalas dgn, “I love you, too!”
    Ini namanya tumpang-tindih.

    Memberi direka-rasa sbg sayang,
    Sayang itu rumusan-nya adil
    Adil itu kesannya beroleh
    .
    Beroleh hingga menjadi suka.
    Beroleh hingga merasa adil
    Ekor adil panjang sekali.

    Itu pendapatku.
    Rumit memang,
    Mustahil tidak.

    Salam Damai!

    • Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Maren…

      Kedamaian hanya diperolehi apabila kasih sayang wujud. Pasa cinta menjadi penggerak untuk mengharmoni dan mensejahterakannya agar tidak tercalar dan bertata baik.

      Iya, ada ketika perbahasan kasih sayang, cinta suka memang rumit untuk dimengerti kerana ia bukan barang nyata tetapi dalam bentuk rasa yang tidak bertanda.

      menurut saya, keadilan pada sayang itu tidak sepenuhnya bersifat adil kerana sayang termasuk sifat yang membuai rasa hati dan jiwa. Sayang kita kepada ibu tidak sama sayang kita kepada bapa. Mungkin sayang kepada ibulebih tinggi kerana sifat rahim dan perihatin ibu kepada anaknya berbanding bapa yang sering bersikap tegas dan ditakuti.

      Sayang ibu kepada anak-anak juga berbeda. Ada ibu yang sayang anaknya yang cantik, pandai, rajin dan pintar berbanding anak yang sebaliknya.

      Suami juga demikian sama bagi yang berpoligami. pasti yang lebih muda, lebih cantik, lebih menggoda dan sebagainya akan lebih diberi perhatian berbanding isteri yang tua.

      Malah Rasulullah SAW sendiri mengakui sukarnya bersifat adil dalam konteks hati dan sayang. Baginda sangta menyintai Ibu Khadijah r.a berbanding Siti Aisyah. namun antara isteri-isteri lainnya, baginda lebih menyayangi Aisyah sehingga mengakhir nafasnya di pangkuan Aisyah dan di rumah Aisyah.

      Tidak ada kayu ukur untuk mengukur adil pada sayang. begitulah pendapat saya.

      salam sejahtera dari sarikei, Sarawak. 🙂

  53. Mu’alaikum salam, Siti!
    Lama aku merespon.
    Sorry!

    SF: Iya, ada ketika perbahasan kasih sayang, cinta suka memang rumit untuk dimengerti kerana ia bukan barang nyata tetapi dalam bentuk rasa yang tidak bertanda.

    MK: Iya, rumit
    Kadang tumpang tindih,
    Atau maju mundur niatnya.

    Sebagai pembelajaran ada baiknya kita runut fenomena cinta itu pada proses berumah-tangga. Rumah tangga boleh dikata sebagai sekolah cinta. Mungkin proses ini dilalui oleh mayoritas umat manusia.

    Mereka memulai dengan suka, yaitu cinta karena. Mungkin saja suka kepada si dia kerena dia cantik atau tampan, atau kerena dia saleh, atau kaya, atau pandai, atau dll, lalu bisa saling suka dan mereka menikah.

    Di dalam perjalanan bahtera rumah tangga selalu ada gelombang yg harus dilalui, Jikalau mereka berhasil melaluinya secara bersama-sama, mereka saling sayang, yaitu cinta jikalau. Tetapi jikalau yg satu merasa tertekan atau tidak rela kerena menanggung sesuatu, maka dia menjadi tidak suka. Pada sayang, hal kebersamaan menjadi tuntutan utama pertimbangan, seolah adil, sama rata sama rasa, maka saling sayang.

    Sesaat setelah mereka memperoleh anak, kebahagiaan spontan muncul, yg satu mahu berkorban melebihi yg lain. Inilah kasih itu, yaitu cinta walaupun. Suatu cinta yg rela berkorban. Segalanya dikorbankan demi kasih kpd ke duanya. Tapi terkadang bahagia itu hanya sementara saja. Saat yg lebih lama dan panjang adalah saat membesarkan anak mereka dgn problematik pengorbanan yg semakin komplek. Cinta menjadi terbagi-bagi: Cinta Ibu, cinta Bapak dan cinta anak, ke tiganya saling cross link. Si Ibu lebih beringas, lebih awas, lebih dewasa mengontrol arah cinta. Si Bapa, agak tertekuk bagai dipaksa berkaca mata kuda dalam menterjemahkan cinta. Suka tak suka, kadang sayang tak sayang bahkan benci silih berganti melihat tingkah laku pematangan cinta menuju kasih yg spt tadi, cinta yg rela berkorban, yaitu cinta walaupun.

    Bagi mereka yg boleh sampai kepada pengertian kasih itu maka soalan sebesar apa pun dalam rumah tangga dapat mudah diselesaikan. Mereka sudah faham kerena berpengalaman bahwa soalan sekecil apa pun tak pernah dapat diselesaikan dgn amarah. Kasih adalah pengorbanan. Mengasih adalah memberi. Mengasihani adalah sifat yang luhur dan mulia. Mengasihani yg membenci kita itu bagai mendekat-dekat dengan yg Maha Pengasih.

    Jika kasih telah bersarang dihati, maka walaupun dia sudah tidak cantik/tampan lagi, walaupun dia sudah ompong beruban, walaupun dia sudah rabun dan tuli, tetapi tetap mencintainya!

    Jadi pendapatku:
    Suka itu adalah cinta-karena,
    Sayang adalah cinta-jikalau
    Kasih ialah cinta-walaupun

    Salam Damai!

  54. Emang Cinta Itu Yang Paling Indah…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s