Cinta itu utk cinta!

Kuterjemahkan dari versi Inggris
Dengan gaya Maren Kitanyaho (hh).
Cinta itu kujadiin Istri supaya mudah!

Semoga mudah …!

Dari The Prophet,
Kahlil Gibran


C I N T A

Kemudian kata Almitra,
“Bicaralah Cinta kepada kami”

Dia angkat kepalanya menerawang kerumunan,
D
an terasa ada hening pada diri mereka.
Dan dengan suara agung dia berkata:

Bila Cinta memanggilmu ikutlah dia,
Walaupun jalannya berliku,

K
eras dan terjal.

Dan bila sayapnya mendekapmu pasrahlah padanya, walau
Pedang yg terselip di antara bulu sayapnya bisa melukaimu.
Dan bila dia bicara kepadamu percayalah di dalam dia,
Walau getar suaranya meminggirkan mimpi-mimpimu,
Bagai angin utara dingin meluluh-lantakkan taman.

Karna walau Cinta bagai memahkotaimu,
D
emikian pula dia akan menyiksamu.
Walaupun dia bagai demi pertumbuhanmu
,
B
egitupun dia bagai demi pencukuranmu.
Walaupun dia bagai naik ke ketinggianmu

M
embelai ranting lembut melambai matahari,
Begitupun dia turun hingga ke akar-akarmu
,
M
engguncangmu hingga longgar dari dekapan bumi.
Seperti roda-roda pemipil gandum

D
ia mengumpulkanmu untuk dia sendiri.
Dia mengupasmu hingga telanjang.
Dia memilahmu hingga terbebas dari kulit sisik.
Dia mengilingmu hingga memutih.
Dia remasmu hingga menjadi adonan liat.
Lalu dia menghantarmu ke tungku api pemujaannya,

H
ingga engkau diharap menjadi roti persembahan
B
agi perjamuan kudus Tuhan.

Semua hal itu akan dikerjakan Cinta pada mu,
B
ahwa engkau boleh tahu rahasia-rahasia hatimu,
D
an pengetahuan itu menjadi bahagian hati Sang Hidup.

Tetapi bila dalam ketakutanmu kau hanya mencari
Damainya Cinta dan mencari nikmatnya Cinta itu,
Lebih baik
lah bagimu mengkafani ketelanjanganmu,
D
an meninggalkan dunia dari pelataran-jejak Cinta,
Pergi ke dalam dunia lain yang tanpa musim,
D
imana engkau bisa tertawa tak sehabis tawamu,
D
an akan menangis namun tak sehabis air matamu.

Cinta tak memberi apa-apa selain kepada dirinya.
Cinta tak
mengambil apa-apa selain dari dirinya.
Cinta
tak untuk memiliki dan tak untuk dimiliki,
Karena Cinta telah cukup untuk Cinta.

Bila engkau bercinta janganlah berkata,
“Tuhan ada di dalam hatiku,”
T
api lebih baiklah katakan,
”Aku ada di dalam hati Tuhan.”

Cinta tak lain gairahannya
Selain untuk dirinya sendiri.
Namun bila engkau bercinta
Dan harus mengandung gairah,

B
eginilah hendaknya keinginanmu :
Melebur dan menjadi seperti aliran anak sungai
,
Yang m
elagukan melodinya kepada hening malam.
Tau bahwa ada derita dari terlalu banyak belai sayang.
Rela terluka oleh pengertianmu sendiri tentang Cinta;
Dan rela berdarah-darah dengan penuh kegirangan.
Bangun di pagi hari dengan hati yang bersaya
p,
D
an ucapkan terimakasih demi hari percintaan lainnya,
Istirahat p
ada jam siang merenungkan nikmatnya cinta;
Pulang ke rumah di kala senja dengan penuh syukur;
Dan lalu tidur dengan sebuah doa untuk sang tercinta

Doa d
i dalam hati dan sebuah lagu pujian pada bibirmu

 

Salam Damai Sejahtera!

Iklan

45 Tanggapan

  1. hmm..
    CINTA bahasa yang ESA
    CINTA tiadalah dualitas
    CINTA adalah IMAN
    CINTA adalah PEMURNIAN
    CINTA adalah KASIH SAYANG ABADI
    CINTA adalah ANUGERAH ALLAH yang terbesar yang pernah ada
    CINTA adalah RAHIM..
    sungguh tiada kata terucap tetapi menggetarkan seluruh diri
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu..

  2. Huuih!

    Setuju aku!
    Cintalah dasarnya Iman,
    Otak hanya coba-coba jago!

    Salam Damai!

  3. JIWA yang TENANG..
    adalah LADANG.. tempat tumbuhnya CINTA
    tempat bercahayanya NUR IMAN
    JIWA yang TENANG adalah FITRAH DIRI
    AWAL PERJALANAN KESADARAN BATHINIAH
    JIWA YANG TENANG pembuka PINTU KETUHANAN
    TIKETNYA : LA HWALLA WALLA QUWATA

    Temukan Aku di dalam diri.. Sempurnakan Aku di dalam Jiwa SEJATI
    Siapa Aku
    Siapa diri
    Sapa jiwa sejati
    mengetahui belum tentu mengerti
    mengerti belum tentu waspada
    waspada belum tentu SEMPURNA

    SALAM SAYANG

    • @Kang Boed

      Seperti kau bilang tersirat,
      Hendaklah jiwa diselimuti cinta.
      Sulit tidak kudu iya, tak begitu sia-sia!

      Salam Damai!

  4. daku sungguh tak bisa membayangkan jika hidup ini tanpa cinta..
    _salam anget_

    • @Acha

      Bayanganku begini:
      1. Takkan ada yg bunuh diri.
      2. Tak guna Suami-Istri.
      3. Percis hewani lah!

      dll.

      Salam Damai!

  5. Hanya cinta yang menyatukan Tuhan dan Manusia. Keilahian yang supra sempurna akan menjadi satu dengan keterbatasan manusiawi , jika cinta menjadi auranya.

    Salam kenal dan salam sejahtera,

    • Ya!
      Hanya cinta yg menyatukan manusia dgn alam.
      Hanya cinta yg menyatukan manusia sesama.
      Hanya cinta yg menyatukan kita dgn Tuhan.

      Salam Haya Cinta!

    • @Pambudi Nugroho

      Cinta manusia dgn alam, sebut cinta natural,
      Dominan demi kenikmatan tubuh.

      Cinta manusia dgn manusia, cinta emosional,
      Dominan demi kenyamanan jiwa.

      Cinta manusia dgn Tuhan. sebut cinta spiritual,
      Dominan demi kemerdekaan rohani.

      Cinta itu esa, walau ada tiga.
      Pengembaraannya kudu begitu.
      Jika coba kebalik maka bisa kelenger!

      Salam Hanya Cinta!

  6. Wach bahasanya tinggi sekali

    bagus banget…….salam kenal ya!

    • Ya!
      Kita kudu kesana, nanjak.
      Karena itu kita kudu kuliah terus-terus.
      Mencapai bahasa yg lebih tinggi-tingi.
      Bahasa yg belum pernah kita dengar.
      Bahasa Illahi bahasa Surgawi!

      Salam Maya!
      Salam Kenal

  7. Its Great….!!!

    Cinta………Oh……Cinta……..!!! akal Manusia tak akan mampu menjangkaunya….!!!

    Bahkan untuk memahami maknanya-pun…hanya sang Waktu yang Mampu…

    hanya sang Waktulah yang Bisa Mengerti apa Arti Cinta.

    Salam,

    • Yah!
      Awalnya cinta akal-akalan,
      Lalu coba cinta-cintaan,
      Selalu mengecewakan.

      Barulah datang cinta beneran.
      Begitu lah harapan kita, Dit!
      Semoga tetep ada guna.

      Salam Damai!

  8. Hanya sesama bus kota yang tiada mendahului.. hanya sesama pejalan yang menyadari.. hanya yang merasakan yang mengerti.. Dia mengembalikan kita untuk menjadi pemuja CINTA.. bukanlah sebuah formalitas kosong belaka.. menatap melongo tergila gila.. dalam pelukan CINTA Sang Maha PenCINTA
    Salam Sayang
    Salam Rindu..

  9. […] Kasihku Selalu tersenyum mesra dalam setiap wujud.. terpesona diri melayang tinggi Berkendara CINTA.. jasad di bumi berkarya.. ruh terbang mesra […]

  10. Wew..
    Benar2 blog penuh..
    Dgn cinta..
    Hehehe..
    Met knal ya.. 😉

    • Salam Maya artasastra!
      Salam bersastra cinta!

  11. hehehe.. didalam kekosongan ada Yang Maha ADA.. sementara diri tetap kosong karena lepas sudah kepemilikan.. jika menyerah janganlah tanggung.. jika tiada daya lepaslah semua daya.. maka YANG MAHA DAYA akan bekerja ruaaaarrrr biasaaaaaa..

    Mulanyaaaa….
    Mencari…
    Diam dalam Diam….
    Sampai akhirnya….

    hmm….
    Bergerak dalam Diam…
    Mencipta dalam Diam…
    Berkarya dalam Diam…

    ……..
    Bergerak tapi tidak bergerak…
    Berlari tapi tidak berlari…
    Bermain tapi tidak bermain…

    Salam Sayang Selalu

  12. Sorry Kang Boed!
    Pls koreksi aku ttg kosong ku,
    Jika aku berangkat dari tetiga.

    Anggapanku!
    Bila pada akhirnya adalah rohaniah.
    Maka rohani itu adalah segala isi.

    Bila isi itu dipergikan,
    Itulah kekosongan.
    Dan,

    Dari Kekasihku (2)
    Kasihku selalu tersenyum mesra dalam setiap wujud.
    Terpesona diri melayang tinggi berkendara CINTA..
    Jasad di bumi berkarya.. ruh terbang mesra

    Dari situ,
    Miripkah kosong yg kau maksud itu kumaksud sbg:
    Pesona roh terbang tinggi melayang jauh di angkasa,
    Atau dipergikan merayap rendah menggerayang jauh.
    Jauh ke depan atau pun jauh ke belakang dunia.
    Tubuh ketika itu di bumi saja diam tak ikutan.

    Demikian, Kang!
    Pls koreksi jika hrs

    Salam Damai!

  13. Hmmm..bingung mau komen apa. Bahasanya bahasa cinta tingkat tinggi.

    http://fietria.wordpress.com/2009/06/29/keturunan-nabi-ibrahim-yang-hilang/

    😆

    • @Fietria yg baik.

      Komenin aja dulu sembarang cinta.
      Cinta antar binatang dan dgn manusia,
      Cinta orang tuan-anak dan sebaliknya, gitu.

      Oh, komenin yg ini nih:
      Cinta anak kepada Ortu dominan karena.
      Cinta Bapak kepada anak dominan jikalau.
      Cinta Ibu kepada anak dominan cinta walau.

      Gimana menurutmu, Fie!
      Komenin dgn tingkat normal aja

      Salam Damai.
      NB;
      Nanti aku mampir lagi ke blog mu.
      Kubikin dulu cinta Abrahim
      Kepada Istri-istrinya …!

  14. @Kang Boed terkasih!

    Bila angapanku itu bisa kau terima,
    Bahwa, kukutip,

    Pada akhirnya adalah rohaniah.
    Maka rohani itu adalah segala isi.

    Maka,
    Roh yang diliput jiwa dipergikan,
    Roh yang meliput tubuh dipergikan,
    Itu lah kekosongan yg kau kumengerti.

    Gimana, Kang!

    Salam damai!

  15. cinta tak pernah mengungkapkan, tapi Cinta perlu Ungkapan..
    cinta tak bisa menulis, tapi perlu bukti nyata.
    cinta memang membingungkan, tapi cinta mengasyikkan 😛

    kunjungan Link saya.. 😉

  16. @iyo

    Sudah kitinggalkan jejakku di sana.
    Komenin lah ttg urutan mencinta,
    Yang kuseseauikan dgn urutan tumbuh.

    Perlu ungkapan?
    Mungkin cinta lah pengungkap kehidupan ini.

    Salam Damai!

  17. Wkakakakakak.. Disini yang komen orangnya puitis smua kalo masalah cinta.. Jadi mindek aku… Wkakakakak

    • Kurangi dikit kakak-nya,
      Agar merpati tak ketakutan.
      Merpati tak takut muka, tapi suara.

      Salam Kenal!

  18. CatatanRudy, terbahak bahak,
    hh, terikut mindek,
    hendak ikut bersuara
    tiada merpati
    But ah, my foes, and oh, my friends
    It gives a lovely light!

    • Tanks for coming, my Brat!
      We have our own guidance light.
      Not merpati ayam pun jadi.

      Salam Pikir Tiga!

    • @Fiet

      Pendekar pemburu hantu mungkin pd kesana.
      Bawa botol kosong bekas Joniwolker Blaklabel
      Hehe! Apa kabar … burung itu tentu …!

      Salam Sayang!

  19. Cinta….
    ehm, semua orang pasti pernah jatoh cinta…

    Visit and check http://www.mazdebii.co.cc

    • Ada juga orang yg gagal jatuh cinta naik pitam.
      Ada orang yg tak jatuh tak naik, koq ketiban sial.
      Hati-hati jatuh cinta! Bangun lah cinta lebih baik!

      Salam Cinta!

  20. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    • @Kang Boed terkasih!

      Take a break, Bro!
      Find another way to Cinta.
      Mungkin ada frekwensi resonansinya.

      Salam Damai!

      • ada,
        walau tak sekuat sumbernya.

      • Bagi dong, Bro!
        Kali-kali cocok dgn seleraku.

  21. Indonesia kutahu kau tak sempurna
    Indonesia kutahu kau biasa saja
    Tapi bunda ijinkanlah aku bangga
    Karena memang itulah cinta

    • Baru kali ini pemilu Indonesia bagusan.
      Mudah-mudahan hanya satu putaran.
      Semoga cinta semakin tumbuh merdeka!

      Salam Damai Love!

  22. HIDUP PEMULI ……… ups PEMILU kamsudna…. hehehehehe

    • Wah!
      Senangnmu sampai belepotan, euy!
      HIDUP CINTA HIDUP DUNIA MAYA
      Mirip Obama, SBY di dunia maya.
      Telak!

      Salam Damai!

  23. NO COMMENT…

  24. disadari atau tidak pembahasan cinta yang tak ada ujungnya ahirya nanti akan bermuara pada penyatuan jiwa yang diorientasikan dengan penyatuan raga, istilah yang aku suka untuk menyebut itu adalah nyanyain dari surga.

  25. Ada juga orang yg gagal jatuh cinta naik pitam.
    Ada orang yg tak jatuh tak naik, koq ketiban sial.
    Hati-hati jatuh cinta! Bangun lah cinta lebih baik!

    Salam Cinta!

    saya pinjem ya mas MK..
    enak sih kata-katanya… mewakili… heheheh
    malem mas MK

    • Sip lah, Joe!

      Bahasamu mulai nendang.
      Itu bahasa cinta yang sedap.
      Bukan bahasa sedap-sedapan.

      Salam Cinta Pikir Tiga!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s