Cinta itu utk cinta!

Kuterjemahkan dari versi Inggris
Dengan gaya Maren Kitanyaho (hh).
Cinta itu kujadiin Istri supaya mudah!

Semoga mudah …!

Dari The Prophet,
Kahlil Gibran


C I N T A

Kemudian kata Almitra,
“Bicaralah Cinta kepada kami”

Dia angkat kepalanya menerawang kerumunan,
D
an terasa ada hening pada diri mereka.
Dan dengan suara agung dia berkata:

Bila Cinta memanggilmu ikutlah dia,
Walaupun jalannya berliku,

K
eras dan terjal.

Dan bila sayapnya mendekapmu pasrahlah padanya, walau
Pedang yg terselip di antara bulu sayapnya bisa melukaimu.
Dan bila dia bicara kepadamu percayalah di dalam dia,
Walau getar suaranya meminggirkan mimpi-mimpimu,
Bagai angin utara dingin meluluh-lantakkan taman.

Karna walau Cinta bagai memahkotaimu,
D
emikian pula dia akan menyiksamu.
Walaupun dia bagai demi pertumbuhanmu
,
B
egitupun dia bagai demi pencukuranmu.
Walaupun dia bagai naik ke ketinggianmu

M
embelai ranting lembut melambai matahari,
Begitupun dia turun hingga ke akar-akarmu
,
M
engguncangmu hingga longgar dari dekapan bumi.
Seperti roda-roda pemipil gandum

D
ia mengumpulkanmu untuk dia sendiri.
Dia mengupasmu hingga telanjang.
Dia memilahmu hingga terbebas dari kulit sisik.
Dia mengilingmu hingga memutih.
Dia remasmu hingga menjadi adonan liat.
Lalu dia menghantarmu ke tungku api pemujaannya,

H
ingga engkau diharap menjadi roti persembahan
B
agi perjamuan kudus Tuhan.

Semua hal itu akan dikerjakan Cinta pada mu,
B
ahwa engkau boleh tahu rahasia-rahasia hatimu,
D
an pengetahuan itu menjadi bahagian hati Sang Hidup.

Tetapi bila dalam ketakutanmu kau hanya mencari
Damainya Cinta dan mencari nikmatnya Cinta itu,
Lebih baik
lah bagimu mengkafani ketelanjanganmu,
D
an meninggalkan dunia dari pelataran-jejak Cinta,
Pergi ke dalam dunia lain yang tanpa musim,
D
imana engkau bisa tertawa tak sehabis tawamu,
D
an akan menangis namun tak sehabis air matamu.

Cinta tak memberi apa-apa selain kepada dirinya.
Cinta tak
mengambil apa-apa selain dari dirinya.
Cinta
tak untuk memiliki dan tak untuk dimiliki,
Karena Cinta telah cukup untuk Cinta.

Bila engkau bercinta janganlah berkata,
“Tuhan ada di dalam hatiku,”
T
api lebih baiklah katakan,
”Aku ada di dalam hati Tuhan.”

Cinta tak lain gairahannya
Selain untuk dirinya sendiri.
Namun bila engkau bercinta
Dan harus mengandung gairah,

B
eginilah hendaknya keinginanmu :
Melebur dan menjadi seperti aliran anak sungai
,
Yang m
elagukan melodinya kepada hening malam.
Tau bahwa ada derita dari terlalu banyak belai sayang.
Rela terluka oleh pengertianmu sendiri tentang Cinta;
Dan rela berdarah-darah dengan penuh kegirangan.
Bangun di pagi hari dengan hati yang bersaya
p,
D
an ucapkan terimakasih demi hari percintaan lainnya,
Istirahat p
ada jam siang merenungkan nikmatnya cinta;
Pulang ke rumah di kala senja dengan penuh syukur;
Dan lalu tidur dengan sebuah doa untuk sang tercinta

Doa d
i dalam hati dan sebuah lagu pujian pada bibirmu

 

Salam Damai Sejahtera!

Iklan

49 Tanggapan

  1. hmm..
    CINTA bahasa yang ESA
    CINTA tiadalah dualitas
    CINTA adalah IMAN
    CINTA adalah PEMURNIAN
    CINTA adalah KASIH SAYANG ABADI
    CINTA adalah ANUGERAH ALLAH yang terbesar yang pernah ada
    CINTA adalah RAHIM..
    sungguh tiada kata terucap tetapi menggetarkan seluruh diri
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu..

  2. Huuih!

    Setuju aku!
    Cintalah dasarnya Iman,
    Otak hanya coba-coba jago!

    Salam Damai!

  3. JIWA yang TENANG..
    adalah LADANG.. tempat tumbuhnya CINTA
    tempat bercahayanya NUR IMAN
    JIWA yang TENANG adalah FITRAH DIRI
    AWAL PERJALANAN KESADARAN BATHINIAH
    JIWA YANG TENANG pembuka PINTU KETUHANAN
    TIKETNYA : LA HWALLA WALLA QUWATA

    Temukan Aku di dalam diri.. Sempurnakan Aku di dalam Jiwa SEJATI
    Siapa Aku
    Siapa diri
    Sapa jiwa sejati
    mengetahui belum tentu mengerti
    mengerti belum tentu waspada
    waspada belum tentu SEMPURNA

    SALAM SAYANG

    • @Kang Boed

      Seperti kau bilang tersirat,
      Hendaklah jiwa diselimuti cinta.
      Sulit tidak kudu iya, tak begitu sia-sia!

      Salam Damai!

  4. daku sungguh tak bisa membayangkan jika hidup ini tanpa cinta..
    _salam anget_

    • @Acha

      Bayanganku begini:
      1. Takkan ada yg bunuh diri.
      2. Tak guna Suami-Istri.
      3. Percis hewani lah!

      dll.

      Salam Damai!

  5. Hanya cinta yang menyatukan Tuhan dan Manusia. Keilahian yang supra sempurna akan menjadi satu dengan keterbatasan manusiawi , jika cinta menjadi auranya.

    Salam kenal dan salam sejahtera,

    • Ya!
      Hanya cinta yg menyatukan manusia dgn alam.
      Hanya cinta yg menyatukan manusia sesama.
      Hanya cinta yg menyatukan kita dgn Tuhan.

      Salam Haya Cinta!

    • @Pambudi Nugroho

      Cinta manusia dgn alam, sebut cinta natural,
      Dominan demi kenikmatan tubuh.

      Cinta manusia dgn manusia, cinta emosional,
      Dominan demi kenyamanan jiwa.

      Cinta manusia dgn Tuhan. sebut cinta spiritual,
      Dominan demi kemerdekaan rohani.

      Cinta itu esa, walau ada tiga.
      Pengembaraannya kudu begitu.
      Jika coba kebalik maka bisa kelenger!

      Salam Hanya Cinta!

  6. Wach bahasanya tinggi sekali

    bagus banget…….salam kenal ya!

    • Ya!
      Kita kudu kesana, nanjak.
      Karena itu kita kudu kuliah terus-terus.
      Mencapai bahasa yg lebih tinggi-tingi.
      Bahasa yg belum pernah kita dengar.
      Bahasa Illahi bahasa Surgawi!

      Salam Maya!
      Salam Kenal

  7. Its Great….!!!

    Cinta………Oh……Cinta……..!!! akal Manusia tak akan mampu menjangkaunya….!!!

    Bahkan untuk memahami maknanya-pun…hanya sang Waktu yang Mampu…

    hanya sang Waktulah yang Bisa Mengerti apa Arti Cinta.

    Salam,

    • Yah!
      Awalnya cinta akal-akalan,
      Lalu coba cinta-cintaan,
      Selalu mengecewakan.

      Barulah datang cinta beneran.
      Begitu lah harapan kita, Dit!
      Semoga tetep ada guna.

      Salam Damai!

  8. Hanya sesama bus kota yang tiada mendahului.. hanya sesama pejalan yang menyadari.. hanya yang merasakan yang mengerti.. Dia mengembalikan kita untuk menjadi pemuja CINTA.. bukanlah sebuah formalitas kosong belaka.. menatap melongo tergila gila.. dalam pelukan CINTA Sang Maha PenCINTA
    Salam Sayang
    Salam Rindu..

  9. […] Kasihku Selalu tersenyum mesra dalam setiap wujud.. terpesona diri melayang tinggi Berkendara CINTA.. jasad di bumi berkarya.. ruh terbang mesra […]

  10. Wew..
    Benar2 blog penuh..
    Dgn cinta..
    Hehehe..
    Met knal ya.. 😉

    • Salam Maya artasastra!
      Salam bersastra cinta!

  11. hehehe.. didalam kekosongan ada Yang Maha ADA.. sementara diri tetap kosong karena lepas sudah kepemilikan.. jika menyerah janganlah tanggung.. jika tiada daya lepaslah semua daya.. maka YANG MAHA DAYA akan bekerja ruaaaarrrr biasaaaaaa..

    Mulanyaaaa….
    Mencari…
    Diam dalam Diam….
    Sampai akhirnya….

    hmm….
    Bergerak dalam Diam…
    Mencipta dalam Diam…
    Berkarya dalam Diam…

    ……..
    Bergerak tapi tidak bergerak…
    Berlari tapi tidak berlari…
    Bermain tapi tidak bermain…

    Salam Sayang Selalu

  12. Sorry Kang Boed!
    Pls koreksi aku ttg kosong ku,
    Jika aku berangkat dari tetiga.

    Anggapanku!
    Bila pada akhirnya adalah rohaniah.
    Maka rohani itu adalah segala isi.

    Bila isi itu dipergikan,
    Itulah kekosongan.
    Dan,

    Dari Kekasihku (2)
    Kasihku selalu tersenyum mesra dalam setiap wujud.
    Terpesona diri melayang tinggi berkendara CINTA..
    Jasad di bumi berkarya.. ruh terbang mesra

    Dari situ,
    Miripkah kosong yg kau maksud itu kumaksud sbg:
    Pesona roh terbang tinggi melayang jauh di angkasa,
    Atau dipergikan merayap rendah menggerayang jauh.
    Jauh ke depan atau pun jauh ke belakang dunia.
    Tubuh ketika itu di bumi saja diam tak ikutan.

    Demikian, Kang!
    Pls koreksi jika hrs

    Salam Damai!

  13. Hmmm..bingung mau komen apa. Bahasanya bahasa cinta tingkat tinggi.

    http://fietria.wordpress.com/2009/06/29/keturunan-nabi-ibrahim-yang-hilang/

    😆

    • @Fietria yg baik.

      Komenin aja dulu sembarang cinta.
      Cinta antar binatang dan dgn manusia,
      Cinta orang tuan-anak dan sebaliknya, gitu.

      Oh, komenin yg ini nih:
      Cinta anak kepada Ortu dominan karena.
      Cinta Bapak kepada anak dominan jikalau.
      Cinta Ibu kepada anak dominan cinta walau.

      Gimana menurutmu, Fie!
      Komenin dgn tingkat normal aja

      Salam Damai.
      NB;
      Nanti aku mampir lagi ke blog mu.
      Kubikin dulu cinta Abrahim
      Kepada Istri-istrinya …!

  14. @Kang Boed terkasih!

    Bila angapanku itu bisa kau terima,
    Bahwa, kukutip,

    Pada akhirnya adalah rohaniah.
    Maka rohani itu adalah segala isi.

    Maka,
    Roh yang diliput jiwa dipergikan,
    Roh yang meliput tubuh dipergikan,
    Itu lah kekosongan yg kau kumengerti.

    Gimana, Kang!

    Salam damai!

  15. cinta tak pernah mengungkapkan, tapi Cinta perlu Ungkapan..
    cinta tak bisa menulis, tapi perlu bukti nyata.
    cinta memang membingungkan, tapi cinta mengasyikkan 😛

    kunjungan Link saya.. 😉

  16. @iyo

    Sudah kitinggalkan jejakku di sana.
    Komenin lah ttg urutan mencinta,
    Yang kuseseauikan dgn urutan tumbuh.

    Perlu ungkapan?
    Mungkin cinta lah pengungkap kehidupan ini.

    Salam Damai!

  17. Wkakakakakak.. Disini yang komen orangnya puitis smua kalo masalah cinta.. Jadi mindek aku… Wkakakakak

    • Kurangi dikit kakak-nya,
      Agar merpati tak ketakutan.
      Merpati tak takut muka, tapi suara.

      Salam Kenal!

  18. CatatanRudy, terbahak bahak,
    hh, terikut mindek,
    hendak ikut bersuara
    tiada merpati
    But ah, my foes, and oh, my friends
    It gives a lovely light!

    • Tanks for coming, my Brat!
      We have our own guidance light.
      Not merpati ayam pun jadi.

      Salam Pikir Tiga!

    • @Fiet

      Pendekar pemburu hantu mungkin pd kesana.
      Bawa botol kosong bekas Joniwolker Blaklabel
      Hehe! Apa kabar … burung itu tentu …!

      Salam Sayang!

  19. Cinta….
    ehm, semua orang pasti pernah jatoh cinta…

    Visit and check http://www.mazdebii.co.cc

    • Ada juga orang yg gagal jatuh cinta naik pitam.
      Ada orang yg tak jatuh tak naik, koq ketiban sial.
      Hati-hati jatuh cinta! Bangun lah cinta lebih baik!

      Salam Cinta!

  20. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    • @Kang Boed terkasih!

      Take a break, Bro!
      Find another way to Cinta.
      Mungkin ada frekwensi resonansinya.

      Salam Damai!

      • ada,
        walau tak sekuat sumbernya.

      • Bagi dong, Bro!
        Kali-kali cocok dgn seleraku.

  21. Indonesia kutahu kau tak sempurna
    Indonesia kutahu kau biasa saja
    Tapi bunda ijinkanlah aku bangga
    Karena memang itulah cinta

    • Baru kali ini pemilu Indonesia bagusan.
      Mudah-mudahan hanya satu putaran.
      Semoga cinta semakin tumbuh merdeka!

      Salam Damai Love!

  22. HIDUP PEMULI ……… ups PEMILU kamsudna…. hehehehehe

    • Wah!
      Senangnmu sampai belepotan, euy!
      HIDUP CINTA HIDUP DUNIA MAYA
      Mirip Obama, SBY di dunia maya.
      Telak!

      Salam Damai!

  23. NO COMMENT…

  24. disadari atau tidak pembahasan cinta yang tak ada ujungnya ahirya nanti akan bermuara pada penyatuan jiwa yang diorientasikan dengan penyatuan raga, istilah yang aku suka untuk menyebut itu adalah nyanyain dari surga.

  25. Ada juga orang yg gagal jatuh cinta naik pitam.
    Ada orang yg tak jatuh tak naik, koq ketiban sial.
    Hati-hati jatuh cinta! Bangun lah cinta lebih baik!

    Salam Cinta!

    saya pinjem ya mas MK..
    enak sih kata-katanya… mewakili… heheheh
    malem mas MK

    • Sip lah, Joe!

      Bahasamu mulai nendang.
      Itu bahasa cinta yang sedap.
      Bukan bahasa sedap-sedapan.

      Salam Cinta Pikir Tiga!

  26. mantab ,,,,

  27. Tapi,
    Rupanya sing ta’ pikir2 itu cinta
    Fall in love, koi ni ochiru (Japan.),

    Ternyata cinta itu emang kudu jatuh
    Menjatuhkan hati kpd yang dicinta
    Bukan menaikannya ke atas kepala.

    Sebab:
    Cinta itu bermula dr Allah yg maha tinggi kpd manusia
    Cinta itu jatuh dari yg agung ke yg lemah, menguatkan
    Cinta itu jatuh dari yg luhur ke yg rendah, meninggikan

    Maka Allah pun telah mencoba menjadi Manusia yg hina,
    Berharap kasih, bukan hormat dr manusia [Yoh.5:41-42]
    Berharap cinta sejati yg dari-Nya bertumbuh pada-nya

    Tapi, ada2 saja “nya” yg masih merasa malu berkata cinta
    Mungkin karena cinta itu kerap mefet ke dosa. Entahlah!
    Atau cinta itu dianggap sudah kuno, maka memalukan.

    Sebaliknya adalah “naik pitam”, benci over dosis
    Pitam itu naik dari deg-deg-an ke nyut-nyut-an
    Merendahkan yg dicinta menggelapkan mata

    Banyak pengguna cinta hanya demi birahi
    Saat gagal menjatuhkan cinta, naik pitam
    Mau-nya “naik cinta supaya jatuh pitam”

    Heh!

    Salam Damai!

  28. test format

    Ydn: Kalau Tuhan masih belajar,
    berarti Tuhan bodoh dong?
    berarti Tuhan gak sempurna dong?

    MK: Waa! Tapi, kalau Tuhan tak bisa ngajar
    Apa berarti Tuhan pinter otoriter main hajar?

    Apa-Nya yg kudu sempurna,
    Ngajar-Nya atau hajar-Nya?

    Jika iblis diringkus sekarang?
    Maka kita mendadak soleh semua?
    Dan yg sakit sontak sembuh semua?
    Hutang-piutang langsung lunas semua?

    Waa! Kerja kita tinggal bernafas dong
    Makan2, minum2, golek2, beranak pinak
    Sempurna spt ternak nunggu dijual/dijagal

    Belajar
    Kesempurnaan Tuhan hrs bisa dilihat dr kesabaran-Nya
    Kesempurnaan Tuhan juga hrs bisa dilihat dr kasih-Nya
    Yg terbesar dr seluruh ke-maha-an Tuhan, ya, kasih-Nya

    Jadi kurasa Tuhan pun terus bekerja dan belajar
    Agar manusia ikut belajar dan bekerja bersama-Nya
    Agar kita bisa menjadi pemenang di dunia dan di akhirat
    Menang melawan dosa, berharap dimenangkan di akhir-rat.

    Tak ada manusia yg bisa menang dgn upaya sendiri
    Sebab dunia ini telah tercemar akibat dosa manusia
    Hanya Isa yg bisa terkemuka di dunia dan di akhirat

    Sebab itu kita hrs memikirkan apa yg dipikirkan Allah,
    Bukan selalu memikirkan apa yg dipikirkan manusia.
    [Mat.16:23], agar tumbuh belajar menjadi anak2 Allah.

    Siapa yg belajar dan bekerja bukan berarti dia bodoh
    Justru yg tak belajar dan tak bekerja dialah yg bodoh

    Coba kita pelajari sabar-Nya
    Belajar kesempurnaan Tuhan dan manusia

    Tuhan bebas memilih kesayangan-Nya,
    Spt manusia bebas memilih tuhan-nya.

    Tuhan sabar mendekatkan diri-Nya kpd manusia
    Agar manusia kesayangan-Nya tak jadi binasa
    Manusia yg tak sabar menerima janji2-Nya

    Tuhan-lah yg mencari pendosa, bukan sebaliknya
    Oleh karena itu nabi2 diutus, Kitab2 diturunkan
    Begitulah besar kasih-Nya kpd kita pendosa

    Mungkin Tuhan belajar bagai mana mengenalkan diri-Nya
    Mungkin Ia hanya dpt dikenal, jika diri-Nya hadir di tengah manusia
    Dan manusia pendosa itu mau dan mampu mempelajari kehadiran-Nya

    Tapi manusia hanya belajar kpd penampakan berasa semata,
    Mengharapkan mujijat kedahsyatan kesaktian roh alam semesta.
    Berperang membesarkan hidup demi tahta dan harta dan wanita2.

    Yg kalah hrs menyembah tuhan yg menang,
    Jadi sehaluan, sepikir, nggak neko2
    Begitulah ego-agama suku dulu2-nya
    Demi harta, tahta dan wanita2

    Jadi,
    Bagai mana Ia yg suci menyatakan diri kpd manusia pendosa?
    Bagai mana manusia mengerti yg suci, jika ia tak peduli dosa?
    Adam diusir , Bumi banjir, Sodom dibakar, tetep kitu2 wae.

    Maka pikirku,
    Jika Tuhan tak mau menjadi manusia, kita akan tetap me-raba2
    Jika Tuhan tak mau menjadi dosa, kita pun akan tetap merana
    Kita nggak tau Allah yg benar dan apa sebenarnya mau Allah

    Terima kasih Tuhan Yesus!
    Engkau rela mati sengsara dlm kebenaran
    Sehingga kami merdeka dr ikatan belenggu dosa

    [Kej.1-3] Pada mulanya,
    Tuhan mencipta segalanya dan manusia telah diberi kuasa,
    Tapi manusia jatuh ke dlm dosa, lalu diusir dr Taman Eden.

    [Kej.7]
    Lalu manusia bertambah jahat, lalu dibinasakan dgn air bah
    Tapi Tuhan memilih Nuh menyelamatkan yg setia kpd-Nya.

    [Kej.11]
    Lalu keturunan Nuh menjadi congkak, muter2 membangun menara,
    Lalu bahasa manusia dikacaukan sehingga mereka terpaksa berserak

    [Kej.11-16]
    Lalu Tuhan memilih Abraham dr Mesopotamia & memilih tanah Kanaan
    Abraham trial and error, coba2 poligami demi menjadi bapak segala bangsa

    Lalu manusia cemburu lagi, spt Kain cemburu kpd Habil ingin terpilih,
    Demikian Hagar dan Ismail dibekali dan mengembara spt Kain sbg pribadi.

    [Kej.28]
    Lalu Tuhan memilih Yakub
    Dr keturunannya Tuhan memilih bangsa Israel [Maz.147:19-20]
    Musa dipilih paksa menuntun bangsa keras kepala keluar dr Mesir.
    Musa disebut Allah bagi Firaun yg memperbudak bangsa itu 450 thn [Kel.7]

    Lalu bangsa pilihan itu diam di tanah yg dipilih-Nya
    Bangsa ini ngotot minta raja spy mirip dgn kerajaan para tetangga
    Bangsa itu menjadi sombong, dan sok tau mana kiblat yg benar
    Lalu bangsa itu rebutan kuasa dan kerajaan jadi terbelah dua
    Bait Allah dibangun, hancu, lalu dibangun lagi, hancur …

    Lalu Tuhan membuang mereka, mendisiplikan bangsa-Nya,
    Yg satu dibuang ke Asyiria, yg lain dibuang ke Babel,
    Keduanya ada di Mesopotamia tempat Abraham semula.

    Dari pembuangan itu,
    Hanya kaum Yehuda yg kembali rindu utk setia
    Lalu memurnikan diri secara ngeri kali [Ezra.10].

    Akhirnya,
    Tuhan memilih diri-Nya sendiri turun ke bumi
    Melalui Yahudi itu Yesus datang [Yoh.4:22]
    Datang memilih manusia agar tak binasa

    Maka,
    Apakah Tuhan selalu salah memilih?
    Atau kah manusia terpilih selalu salah?
    Atau inikah kesempurnaan sifat Ar-Rahman.

    Dulunya pernah difirmakan kpd Musa
    [Kel.6:3]
    Aku telah menampakkan diri kpd
    Abraham, Ishak dan Yakub
    sbg Allah Yg Mahakuasa,
    tapi dgn nama-Ku TUHAN
    Aku belum menyatakan diri.

    Jadi, karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini
    Sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yg tunggal
    Supaya setiap org yg percaya kpd-Nya tidak binasa
    Melainkan beroleh hidup yg kekal. [Yoh.3:16]

    Maka,
    Yesus turun membawa Allah kpd manusia
    Utk membawa manusia naik kpd Allah

    Dan Yesus pun hrs mati, sebab Dia taat hukum dosa
    Lalu Dia bangkit dan naik ke Surga, sebab Dia Tuhan
    Akan datang lagi menghakimi kita, sebab Dia Penguasa

    Maka kita yg telah dipilih-Nya
    Hrs terus mendisiplinkan diri agar dimenangkan
    Yahudi itu pun didisiplikan lagi oleh Holocaust, dst.

    Jadi sepertinya,
    Pertama2 Tuhan belajar menanpakkan diri dalam api kpd bangsa pilihan-Nya di Gunung Sinai setelah tiga bulan keluar dr perbudakan selama 450 thn di Mesir. Roh Tuhan bagai pasif kpd bangsa Israel selama itu, sejak Yakub dan keluarga mengungsi ke Mesir sampai Musa lahir. Spt itu juga lamanya, 450 thn, Tuhan berdiam diri kpd bangsa Yahudi, walau telah mengalami pembuangan di Babel. Roh Tuhan pasif mulai dr jaman nabi terakhir, nabi Maleaki sampai dgn jaman Yesus.

    Text [Kel.19] mengisahkan ttg penampakan Tuhan turun dlm api sebelum Dia menurunkan 10-Hukum Taurat sbg penuntun hidup yg benar. Api yg sama turun pd hari pentakosta, hari turunnya Roh Kudus, yaitu Roh Tuhan turun berupa angin keras dan lidah2 api utk menuntun hidup yg sebenarnya dan utk menguatkan org2 percaya [Kis.2]. Di jaman Musa api itu tampak kpd bangsa Israel, di jaman Yesus api yg sama tampak kpd bangsa Yahudi.

    Di jaman Yesus: [Kis.2:2-4]
    Tiba2 turunlah dari langit suatu bunyi spt tiupan angin keras yg memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kpd mereka lidah2 spt nyala api yg bertebaran dan hinggap pd mereka masing2. Maka penuhlah mereka dgn Roh Kudus, lalu mereka mulai ber-kata2 dlm bahasa2 lain, spt yg diberikan oleh Roh itu kpd mereka utk mengatakannya.

    Di jaman Musa: [Kel.19.16-18]
    … ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yg sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yg ada di perkemahan. Lalu Musa membawa bangsa itu keluar dari perkemahan utk menjumpai Tuhan dan berdirilah mereka pd kaki gunung. Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dgn asap, karena TUHAN turun ke atasnya dlm api; asapnya membubung spt asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat.

    Ngeri kali kehadiran Tuhan itu.
    Ada getaran/angin yg keras.
    Ada asap membumbung tinggi
    Ada guruh dan kilat dan awan padat
    Ada bunyi sangkakala sangat keras

    Gemetarlah bangsa di perkemahan itu
    Bangsa itu spt di-uyak2 dibangunkan
    Diayak, ditampi, disaring rohaninya.

    Baru 3 bln bebas dr kerja monoton makan-tidur-beranak pinak di Mesir, dan baru saja mereka merasakan mujizat air, kini dihadapkan pd keganjilan dan kengerian gurun pasir. Semua itu tentu utk menguatkan manusia2 rohani dan melemahkan org2 alami, budak. Maka kini, jika kita manusia rohani, tentu hrs sudah ngerti arti ngeri hingga mampu bermegah dlm derita. Karena sudah kitatau, bw:

    Kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,
    Dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan
    Tahan uji menimbulkan pengharapan
    [Rom.5:3-4]

    [nampaknya ada tiga nimbul
    utk berpengharapan kpd-Nya]

    Kel. 19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh2 mendengarkan firman-Ku dan berpegang pd perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dr antara segala bangsa, sebab Akulah yg empunya seluruh bumi.

    Mengapa Tuhan berkata “jika”, kpd pilihan-Nya?
    Apakah mungkinTuhan salah pilih, tak belajar?
    Dan Tuhan berharap pula kita menjadi harta-Nya.

    Mengapa Tuhan memilih kita menjadi harta-Nya?
    Padahal Dia-lah yg empunya segala alam semesta.
    Kita jarang menyoal keinginan Tuhan vs pengharapn kita

    Yg kerap disoal ialah ttg “ada-Nya” Tuhan: hanya satu
    Belum pernah menyoal apa gunanya Tuhan bagi kita
    Belum pernah menyoal apa gunanya kita bagi Tuhan

    Yg sudah lumayan kita tau
    Kita nggak mau jadi Hantu mengerikan
    Bagusan berusaha terus menjadi anak2 Tuhan

    Kata Yesus:
    “Kpd-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dlm nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yg telah Kuperintahkan kpd-mu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kpd akhir zaman.” [Mat.28:18-20]

    Kini kita hrs mau belajar dipimpin oleh Tuhan,
    Roh Kudus-lah yg mengajari dan menguatkan.
    Maka dr itu kita kudu lahir kembali [Yoh.3]

    Roh yg kita terima bukanlah roh perbudakan
    Melainkan ialah Roh yg memerdekakan.

    Bukan tanpa alasan Kitab Suci berkata:
    Roh yg ditempatkan Tuhan di dlm diri kita,
    diingini-Nya dengan cemburu [Yak.4.5].

    (bersambung)
    https://nesia.wordpress.com/2008/10/21/jika-semua-agama-benar-tuhan-tampaknya-sedang-belajar-2/#comment-17275

  29. (sambungan)

    Ydn: Terus apa yakin manusia bisa menebus semua dan segala dosa2nya, yakin bisa solat 5 waktu tanpa bolong sekalipun? Yakin puasa bisa gak bolong sekalipun?

    MK: Manusia mana pula yg yakin bisa mulia dgn upaya sendiri?
    Kemuliaan itu tidak mengijinkan adanya toleransi pelanggaran kita. Makin sulit lagi, jika salah SOP ibadah pun dihitung suatu pelanggaran. Tambah lagi salah makan, salah waktu, lupa fatwa atau sabat adalah pelanggaran yg hrs disucikan.

    Akibat dosa maka galau lalu cari2 dalil utk membuat fatwa memuliakan. Semua fatwa bikinan para ahli dgn dalil yg diduga dpt memuliakan. Rabi2 mengolah 10 Hk.Taurat jadi 613 perintah-Nya di dlm Talmud.

    Menurut dalil para Rabi itu,
    Formula mulia ialah taat pd 613 perintah-Nya
    Jumlah itu terdiri dr 365 “haram” dan 248 “harus”

    365 item “hrm”, di-amin-kan sama dgn jml hari dlm satu tahun
    248 item “hrs”, itu dipaskan sama dgn jml organ tubuh manusia
    Salah satu “hrm” ialah haram hukumnya berteman dgn “goyim”

    Bagi Yahudi, sesama manusia hanyalah sesama Yahudi tok saja
    Itu egois, ekslusif, membenci, dan bikin susah sendiri, ya, toh?
    Pola Hitler telah gagal, yg spt Sovyet hanya bertahan 70 thn

    Pola fatwa2 haram mungkin masih terus bertambah lagi dan lagi
    Ikatan2 suci diperbanyak hingga beban bertambah berat-bergerak
    Yg “full-load” akan merekayasa pembebasannya dgn cara meledak
    Meledak atau meledak-ledak karena ada dalil yg dikesumatinya.

    Badingkanlah pelanggaran2 itu dgn awal mula dosa.
    Betapa sepelenya dosa Adam, Musa, Daud, dll
    Semua terhukum akibat pelanggaran mereka.

    Adam bukannya kurang makan, diursir dr Taman Eden
    Musa bukan kurang penderitraannya, diblokir masuk ke T.Kanaan
    Daud bukannya kurang perempuan, dicecar perang berkelanjutan

    Di Taman Eden manusia telah gagal menyikapi satu perintah
    Di Zaman Edan tumben bisa unggul mengatasi ribu-perintah

    Benih unggul itu telah cacat akibat dosa manusia
    Benih cacat mustahil menghasilkan benih yg unggul
    Kecuali ada rekayasa lahir kembali oleh Pemilik benih itu [Yoh.3]

    Sesungguhnya,
    Yesus datang bukan utk menyusahkan manusia
    Justru utk melepaskan manusia dr kesusahan
    Melepas ikatan2 akibat dosa yg meraja lela
    Memurnikan beban menuju arah mulia
    Utk menjadi rahmatan lil alamin

    Kata Yesus:
    Marilah kpd-Ku, semua yg letih lesu dan berbeban berat,
    Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
    Pikullah kuk yg Kupasang dan belajarlah pd-Ku,
    karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan
    jiwamu akan mendapat ketenangan.
    Sebab kuk yg Kupasang itu enak
    dan beban-Ku pun ringan.”
    [Mat.11:28-30]

    Maka kerap kukatakan kpd Kang Hari:
    Membaca Kitab adalah seni penglihatan dosa
    Membaca Kitab bukanlah seni lengkung suara
    Sama sekali bukan seni grafika atau matematika

    Sebab Firman Allah itu bukan undangan duniawi
    Bukan undangan utk sedap2-an atau nikmat2-an
    Tapi undangan utk menjadi teman sekerja Allah

    Tuhan itu mulia, maka tak ada toleransi bagi dosa kita
    Tapi Tuhan itu toleran menjadi manusia dan memikul dosa
    Agar kita merdeka dan mengerti apa itu suci dan mengapa hrs:
    Hrs menyangkal diri, hrs memikul salib dan hrs mengikut Yesus

    Yesus telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu, maka Dia baru menyatakan diri-Nya pd zaman akhir. Oleh Dialah kamu percaya kpd Allah, yg telah membangkitkan Dia dr antara org mati dan yg telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kpd Allah.

    Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kpd kebenaran, maka kamu dpt mengamalkan kasih persaudaraan yg tulus ikhlas, hendaklah kamu ber-sungguh2 saling mengasihi dgn segenap hatimu. Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dr benih yg fana, tetapi dr benih yg tidak fana, oleh firman Allah, yg hidup dan yg kekal. [1 Pet.1:20-23]

    Salam Damai!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s