(1/3) Ke Kemaren!

Kemaren aku mudik,
Ngampung; Plong
“Rasa” nya.

Yeah!
Yesterday is learning,
Today is decision and
Tomorrow is the result.


Oleh-oleh mudikku akan penting luarbiasa kurasa.
Pelan kucoba godok, agar pulen tak menyodok
Aku inget Fay, korban ku itu, tak terulang!

Utk itu, Kata KangBoed,
Mari kita melamun Tuhan sejenak
Tuhan di belakang dari yg kemaren
Melalui oleh-oleh-1 pembuka bungkus

Melamunkan  Tuhan pemerhati kita
Melalui keliaran kita di masa remaja
Adalah Tuhan yg sama di masa depan

Jadi,
Sebelum kutuang godokan ku itu,
Kuping-in dulu lah lagu-lagu jadul ini.
Lagu yg, Onde, sayang dibuang!

Brat LOP!
Kaparinyo, syairnya enak, loh.
Mengingatkan kita kala kanak
Dibuai Bundo mencak-mencak.

Ya! Mencak-mencak
Mengingatkan kita berteman kompak tak lelah.
Mengingatkan kita bernakal ria tanpa resah,
Bak suka-suka kita di Dunia kono kanak itu.

Ku awali bungkus-1 ini dgn nasihat Ibu melalui mu LOP.
Kuakhiri juga dgn kenangan Ibu melalui KangBoed demi “Jati Diri”
Semoga Lae hh bisa-bisa juga menikmati tokel-tokelnya lah.


.

Brat Lamb,
Here is the very jadul song,
That will bring you far backward,
Before I’ll bring you far-far away,
To find a good god game to play.


.

Bah! Sobat ku, Lae hh,
Sedap kali kudengar tokel lagu lagu lama, Lae,
Tengok lah sambil raun-raun kita ke kemaren, ya.
Oleh-oleh ku sementara ini, yaitu itu dulu lah, tokel!

51 Tanggapan

  1. waduh lagu njadul semua…..pinginnya sih rikues trio macan sama miyabi :mrgreen:

    • Bener apa kubilang!
      Sorry Kang klo nggak berkenan.

      Salam!

      • sori bro bukannya kurang berkenan….tapi itu lagu keknya blom pernah denger…mo donlot lemot inetnya…ya udah berimajinasi tertiga aja dengan dimensi ke empat jadinya terempat :mrgreen:

      • 🙄 🙄 🙄 :mrgreen:

  2. hahahahaha
    aku suka jadulnya bang..
    jadi inget saat nongkrong di mulut gang sambil gitaran dengan tembang lawas..

    “dalam kerinduan kumenanti sayang..”

    makasih oleh-olehnya bang

    • Sip lah!

      • sssttt.. geseran dikit baaaang.. ikutan nyanyi sambil gitaran.. jagung bakar sama kopi panas nya dah siap hayuuuuu

  3. Biarpun nggak terlalu ngerti bahasanya, tapi nadanya enak emang Maren. SIP Dah…Terimakasih oleh2 mudiknya Maren….

    • Nggak usah dimengerti banget kata perkatanya Bro. Bahasa emang gitu. Suka-suka kita memberi gambar dan makna pd setiap kata atau kalimat. Tak bisa sama lah, karena alam pikir semua kita emang beda-beda. Dan kurasa pun, Dunia ini atau diri ini dibangun karena pengertian bahasa juga. Anyway, sip lah, Bro! Ancer-ancer aja maknanya bagimu. Bagiku sudah!

      Salam Damai!

      • Pokoknya MANGSTAAAAAAAAAAAAAABBS

  4. Kunikmati sudah tokel tokelnya, Kang, kupadukan dengan tokel/stem Batak; petikan gitar khas Batak. Trarengkyu so much, bro atas ajakan ke kemaren. Sekiranya tau dimana kampuang mudiknya akang, komplitlah sudah ke kemaren itu.

    salam tokel

    • Ntar lah Bro.
      Mungkin setelah kubuka nanti bungkus 2 dan 3 akan kau tau lah kampung ku yg sebenarnaya. Kurasa kampung kita sama adanya. Sekarang ini kita baru merenungkan ttg keceriaan kita dijaman kanak, merenungkan kebandelan dan kenakalannya, merenungkan kegagalan dan keberuntungan masa lalu, dll kedahsyatan hingga kita masih selamat sampai detik sekarang ini. Utk separuh kemudiannya walahualam!

      Salam Siplah!

      • ANAK ANAK KECIL.. TAHUNYA TAWA dan TANGIS.. apalagi BAYI tahunya cuma TANGIS.. mau apapu TANGIS.. inikah FITRAH DIRI.. yang SUCI.. inikah JIWA yang TENANG.. bayi tidak pernah takut apapun.. tiada ketakutan dan kegelisahan apalagi kekhawatiran.. FITRAH DIRI MANUSIA.. BAYI yang tidak pernah memakai OTAK.. Belum menggunakan AKAL PIKIRANNYA.. ternyata semua terkotori dan tercemari oleh AKAL PIKIRAN.. PERSEPSI.. dan KONSEP.. maka belajarlah seperti bayi yang otak dan pikirnya masih kosong..
        hahahaha..
        ILMU NOL

  5. Makasih Brat atas oleh-olehnya.
    Lagu Beatles memang lagu yang kusuka dahulu kala.
    Cocok sekali dengan tema artikelnya.
    Kembali ke masa lalu untuk merajut masa depan.

    Kalau sekarang sih lagu Lady Gaga fav-ku .
    Selain nge-beat, ada bening-beningnya gitu.
    Kadang kalau pikiran ini terlalu gelap dan kusut.
    Perlu dicairkan dengan yang bening agar membaur.

    Minimal bisa dipakai untuk imajinasi Tuhan yang berbeda.
    Walaupun sang target juga masih yang itu-itu juga.
    Imajinasi dan persepsi yang dijadikan pegangan berkarya.
    Tetapi ya begitu kodratnya, selalu mencari sang Pencipta.

    Sekali lagi makasih Brat!
    Salam Dahsyat dan Sublime!

    • hehehehehe muncul juga ya bening-beningnya..

      salam bening aja dech

  6. Begitu lah Brat,
    Kita itu mudah menyublim diri ke kemaren dengan telinga,
    Si Bitel pun mengakhiri lagunya dgn “I believe in yesteday”.

    Sementara itu, si pemilik warung kita dulu,
    Warung-warung sekolah tempat “cabut” kelas,
    Sering jelas ditulis “Besok boleh utang”, heheh!

    Dia pikir “tomorrow will never come”,
    Ya, karena tomorrow kita adalah roh,
    Maka harus didekati dgn roh pula, kali!

    Yes Brat!
    Kita perlu ke kemaren sesekali,
    Utk merajut apa yg benar dan dahsyat,
    Agar rohani kita bertumbuh dan berbuah.

    Salam Dahsyat Berat Brat!

  7. Maren mandokhon hata

    Yesterday is learning,
    Today is decision and
    Tomorrow is the result

    .
    .

    Mas . ini oleh-olehnya yang paling sederhana dari sukacita mudik alam semesta. Aku ambil ya …

    Kalau bapa tua ku bilang

    Yesterday is tuak
    Today is bir hitam
    Tomorrow is air putih

    sebelum datang hari esok nikmatin saja dulu hari ini jangan ingat hari kemarin.

    Mauliate ma jala horas diparhorason.

    • Horas ma Tulang!

      Cem mana lah hidup ini agar tidah sia-sia.
      Kadang semua kita bante supaya senang di roha.
      Padahal hidup ini hanya sementara.

      Dulu kita daging,
      Nanti kita roh
      Kini kita jiwa

      Ya, jiwa ini lah yg sering plintat-plintut, Jiwa ini lah harus kita tukang-tukangin supaya bisa rada sempurna jadinya.

      Teladan sudah ada, pengalaman kita ada, kepandaian tak mutlak utk kita belajar cinta. Karena cintalah yg membuat kita bisa bersama dalam perbedaan yg segede apa pun.

      Salam Tomorrow!

  8. Bbhhuuuaaahhh…
    Satu tahun kita tak jumpa
    Secuil oleh2pun buatku…tak ada
    Tapi…lupakanlah…tak apa

    Yang penting…MASONANG DUO HITA

    • Wah! Kang Samin!

      Pan kita udah ngepren, udah “saroha jala sahoras”, hehe. Jadi klop lah, kita udah “Nasonang do hita na dua!” Aku suka kali lagu itu Kang, kemesraan selama dalam kebersamaan. Udah!

      Salam Saroha!

  9. sori bro bukannya kurang berkenan….tapi itu lagu keknya blom pernah denger…mo donlot lemot inetnya…ya udah berimajinasi tertiga aja dengan dimensi ke empat jadinya terempat m4stono – Januari 16, 2010 pada 00:49 e

    Nda apa-apa koq Kang!
    Itu hanya oleh oleh kuping.
    Aku hanya nebak-nebak koq.

    Lagian kan, oleh-oleh itu biasanya hal yg aneh dan yg belum pernah, gitu loh. Dulu aku pun pernah dioleh-olehin kaset lagu Alhambra. lagu buatan thn 1800-an. Aneh mulanya, tapi setelah kuresapi akhirnya telingaku bisa terinspirasi juga, maka jadilah syair lagunya kubikin dgn judul “Tertiga”:
    https://tertiga.wordpress.com/2009/02/16/tertiga/
    dan ini menginspirasi pikiran ku dgn “Pirir Tiga” itu.

    Dari Alhambra itu, belakangan kutahu bahwa Alhambra itu adalah Istana Islam, “Istana di Atas Air”, kata orang Jepang.

    Istana di kaki gunung Siera Nevada itu menginspirasi banyak orang dan beberapa penjelasan menarik ttg unsur matematik yg bagai mejik itu dikupas di sini nih:

    Ada juga musik konser yg agung dihasilkan dari sana, musik Arab berbau Eropa yg dibangun oleh M. Khalife dimainkan dgn baik oleh Ahmed Salim Jouhar. Yang menarik kupingku juga!

    Terbayangku lah sudah sekarang produktifitas kejayaan Islam itu di kala damai dan konon kerajaan itu pun dpt bertahan hingga 20 dinasti selama 8 abad di Andalusia. Suatu pelajaran berharga bagi kita.

    Salam Damai!

  10. HATUR NUHUN TARARENGKYU buat MAS MAREN

    • Sip lah Kang!
      Teruskan perjuangan
      Dlm damai dan kasih sayang.

      Salam Cinta!

  11. ALAM LAMUNAN TUHAN andai dibuka LAMUNAN TANPA FIKIR.. LAMUNAN TANPA OTAK.. disinilah RAHASIA ALAM SEMESTA terpampang dan terbuka dengan JELAS

    • Semoga semua semakin jelas,
      Termasuk hal ditel-ditelnya.
      Semuanya bisa teungkap.

      Salam Damai!

  12. 😆 😆 😆 😆 😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    • Yes! Kang Boed!
      One step ahead.
      Tubuh jiwa dan roh!

      Salam Damai!

  13. wah, lagunya dapet dr mana sih ?
    semuanya itu lagu2 zaman bunda muda dulu….he….he….
    jadi bernostalgia….
    hebta dan salut ,Mas.
    salam.

    • Hi Bun!
      Untung banyak orang Malaisya yg suka lagu kita. Mereka-mereka rajing upload lagu-lagu lama.
      Selamat bernostalgia Bun. Bungkus-2 dan 3 pun mo coba kupikirkan ke nostalgia lebih jauh.

      Salam Damai!

  14. Mampir sore-sore Brat!
    Belum ada yang mau kukomen jadi ya hanya bisa just say hello dan just hello say… 🙂

    • Sori Brat!
      Aku lagi sibuk-sibuk gitu lah.
      Jadi agak sedikit slodon gituh.

      Salam!

      • your sibuk is your moni, kang,
        so, traktir kita laaaaaa.

      • Tapi sibuk-sibuk itu artinya daging Brat. Holi-holi tulang kata oang Batak. Entah kenapa pula selalu menggunakan dua kata utk tiap bagian tubuh kita ini.
        Pls clarifay Brat!

        Salam Namargoar!

  15. oNde Mande……… > tante titiek sandora waktu masih muda duluuu….. 🙂 :p

    • O io si nande-nande!

      Eh! Aku mo tanya,
      Kenapa banyak wanita menggunakan nama depan “Titik”, in? Juga soal namamu “iiN”, hubungannya dgn nana aaN, eeN dan uuN pun banyak. Nama ooN yg belum pernah ku tau tuh!
      Pls dong!

      Salam Damai!

      • i = intelijen, kang
        o = ogah ah, makanya gak/belum ada

      • — he.. kalau nama titik adanya cuma di Indonesia doang kali ya.. Kalau mau tau artinya tanya sama orang tuanya yg namanya titik aja.. xiiiii.. kalau nama iin, aan, uun singkatan2 aja itu sh.. anyway nama ku iin itu bukan singkatan jg ternyata, kalau kata ibuku itu karna dia ngefans sama temen lamanya dulu yg namanya iin.. 🙂 he..

        – anyway.. iin itu intelijen bener jg tuh.. kalau oon taunya artis si oon project P.. 🙂 xixiiiiiii…

      • @Bung hh
        Laku juga jualanmu, Lae!
        iiN itu pentium in side, hehe.

        @iiN
        Yang ku tau:
        iiN itu sering cantik gemar musik.
        eeN itu seringan jadi Bidan keknya.
        aaN itu biasanya anak lelaki sulung.
        uuN biasanya pramuka pemalu.
        ooN itu emang tak biasanya kurasa.

        Titik,
        Kurasa nggak ada hubungannya dgn koma,
        Tapi bisa aja menjadi Titik Komala Tanya.
        Hehehe! Bermarga Tamba pula hh!

        Salam Pentium!

  16. Whuuaahh…setelah pikir satu-dua-tiga aku belum ingat. Baru setelah pikir-7 keliling ingatlah aku sekarang… Pakde(Tulang)ku dulu pernah cerita bahwa Boru Naipospos masih ada pertalian darah dg Majapahit. Ini soal cerita sejarah.., katanya.
    Apa betul mas MK? Semoga ini bisa dimasukkan paket oleh2 dari kampung yg bakal diaplot artikelnya…Makasih sebelumnya mas MK

    Salam…SAROHA jala NAIPOSPOS

    • Widih! Kang Samin dah tujuh keliling, hehe.
      Pikir tiga tujuh kelinging itu selikur lah ya, 21.

      Kita harus terus berpikir keliling-keliling utk latihan bisa menghubung masa lalu dgn masa depan yg sempurna. Menghubungkan masa lalu dgn masa lalu apa lah gunanya, Kang, selain hanya utk pengetahuan saja. Soal Mataram aku taunya dari canda Kang Tono koq, tak lain. Tapi, segala sesuatu akan terkuak, pengetahuan pun akan lenyap, bila yg sempurna telah datang.

      Mari kita bekerja utk menjadi!
      Bekerja keras,
      berpikir waras,
      hati lembut.

      Oh!
      Bungkus-2 itu puitisasi sejarah sederhana aja, bungkus-3 mungkin perlu diskusi, karena itu ttg diri kita, hehe!

      Salam Sarora!

      • Kalo Kidung Senja di Mataram, tau ngak, Kang Mareng?

        salam kidung

      • Belum!

        Boleh lah sisipkan tembang itu Lae.
        Aku tau menikmati “Senja di Kaymana”.
        Kaki langit sekeliling bagai kuning telur.
        Indah memang!

        Salam!

    • mungkin,
      bukan Boru Naipospos yang ada pertalian darah dengan Majapahit, tetapi ibundanya Naipospos yang bernama Sibasopaet ( sibaso yang pahit = maja yang pahit?)

      Btw, apa artinya salam saroha jala Naipospos?

      salam sikap

  17. wah kalo kata kang samin itu saya ndak tahu je…setahu saya adityawarman(bangsawan dari majapahit) malah yg menjadi raja di sumatra, entah lupa sebelah mana…..

    kalo mataram itu sebenarnya bukan candaan, tapi lebih ke arah cita2…..menghubungkan masa lalu dgn sekarang itu baik2 aja asalkan kita ndak terpaku dgn kejayaan masa lalu tanpa diiringi dengan langkah nyata di masa sekarang…..btw setiap daerah di nusantara ini punya kelebihan masing2….orang batak yg “ngeyel” maka banyak yg menjadi pengacara hebat atau juga supir metromini/kopaja dijakarta…beneran lho bukan bermaksud SARA :mrgreen: ….orang sunda yg pandai bertani sehingga dari dulu hingga sekarang jarang terjadi kekeringan kekurangan pangan disana…orang minang yg pandai berdagang hingga RM padang ada dimana mana….orang bugis yg pelaut handal dgn pinisinya….orang jawa yg suka tirakat hingga mengolah batin dgn disimbolkan sampai njlimet hingga saya sendiri bingung saking ribet/nlimetnya :mrgreen: dll ….

    coba kalo itu semua disatukan maka jayalah bangsa kita untuk menjadi pusat peradaban spiritual dunia ….moga2 cita2nya bisa terwujud…. :mrgreen:

  18. @ m4stono
    orang batak yg “ngeyel” maka banyak yg menjadi pengacara hebat atau juga supir metromini/kopaja dijakarta…beneran lho

    .
    .

    Wah … benar takkas itu amangboru … hehhehehehe
    Seandainya kian lae Ruhut Sitompul lahir dijaman perang kemerdekaan RI, mungkin Indonesia tidak selama 4 abad terjajah Belanda kali. Ruhut dapat menggertak penjajah Belanda di setiap perundingan Linggarjati, Meja Bundar… spy Belanda get out dari Indonesia ini. Gertakannya itu bikin Belanda jantungan … APA KAU mister.. SINI KAU KALO BERANI , tidak kau kenal ini si Poltak namurah mapultak …. hehehehe
    .
    Tapi sepertinya hanya di juru runding dan supir metro mereka kaum saya itu banyak berperanan. Kalau diposisi kepemimpinan pasti horas jala gabe ma … heheheh..
    ….

  19. Tulang RAS dan Amang-boru Tono!
    Tapi Soekarno pernah bilang begini:

    Bicara lah seperti orang Sunda,
    Berpikir lah seperti orang Batak,
    Bekerja lah seperti orang Jawa.

    Sip juga tuh!

    Dan, mungkin itu cita-cita si Batak tadinya di sini:
    https://tertiga.wordpress.com/2009/11/12/berpikir-lintas-mata-telinga-1/
    Tapi mungkin yg ini adalah kelewat pikir jadi mubajir,
    Makanya anaknya lama sekali blo’on-nya; Entah lah!

    Salam Damai!

  20. enak punya banyak teman, kalau pas balik dari kampung bisa dapet oleh-oleh

    • Yes, MasTom!
      Utk apa lagi hidup ini selain utk bersahabat dgn kehidupan, kan? Dgn bisa berbagi itu berarti menandakan hidup.

      Rugi kita membenci orang.
      Yg dibenci telah mendengkur,
      Yg membenci tak bisa tidur tah.

      Salam Kumang!

  21. Teringat orang yang mengembalikan radio yang baru saja dibeli dari took
    Ketika ditanya apa suaranya kurang baik oleh si penjual, dia menjawab :
    “Radio transistor yang kamu jual kepada saya itu kualitas suaranya istimewa, tetapi saya ingin menukarkannya dengan radio yang program acaranya lebih baik.”

    Kita dapat mengubahnya, mengubah radio transistor hidup kita dengan program acara yang menarik tinggal puter tuning aja

    • Ya,
      Kliatan bloon bener dia.
      Karna ada kepentingan.

      Mites kutu busuk juga gitu, dicium,
      Seolah baunya diharap sudah berubah.

      Sama dgn ban speda ketika meledak.
      Spontan periksa dgn memencetnya,
      Berharap masih ada angin kuat di dalamnya,
      Untuk membawa diri pergi dari kemaluan itu.
      Coba kalo mainan balon yang meledak,
      Manalah kita memeriksa dgn mencetnya,
      hh.

      Salam Damai!

  22. Jaman dulu banget ya ?
    mantab dah

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s