Majemuk warna dasar!

Sambungan: “Analogi pada warna tiga!”

Kata majemuk yang terpikir tiga
Adalah bahasa dlm Indonesia saja.
Ini kebetulan atau betul, aku tak-taulah!

Ada pilem biru (porno),
Tak ada pilem merah,
Pun pilem hijau.

Pernah populer kampus biru,
Belum ada kampus merah,
Mungkin juga kampus hijau.

Pernah populer tenda biru,
Belum pernah pop merah,
Mungkin juga tenda hijau.

Mata biru biasanya cantik,
Mata merah biasanya sakit,
Mata hijo penghinaan.

Bibir merah kecantikan alamiah,
Bibir biru orang mati tenggelam,
Bibir hijau aneh jika ada.

Ada kacang merah untuk sop,
Ada kacang ijo utk sarapan,
Tak ada kacang biru utk apa?

Ada gula merah,
Tak ada gula hijo,
Apa ada gula biru?

Ada Bentoel Biru,
Ada Sampoerna Hijau,
Dan Gudang Garam Merah.

Ada program penghijauan,
Tak ada program pemerahan,
Apa pula program pembiruan.

Ada istilah revolusi hijau,
Pernah ada revolusi biru,
Belum ada revolusi merah.

Ada lampu merah utk stop,
Dan ada lampu hijo utk jalan,
Apa lampu biru utk terbang?

Ada sinar infra merah,
Tak ada yang hijau,
Tak ada yang biru.

Pernah ada penakutan dgn kolor ijo,
Ada pembantaian di lapangan merah Cina,
Apaan biru utk penakutan masal?

Jembatan merah nama di banyak kota,
Jembatan hijau belumpernah denger,
Jembatan biru apa lagi.

Darah biru istilah bangsawan,
Darah merah hemoglobin,
Darah hijau “alien” kali?

Palang Merah itu organisasi kemanusiaan,
Palang hijau mungkin jadi Bulan Sabit Merah,
Dan palang biru bisa jadi Bintang Davit Merah.

Ada karpet merah untuk penyambutan,
Ada meja hijau untuk penghakiman,
Perabot biru apaan untuk apa?

Si jago merah istilah api pembakar,
Si jago hijau tak pernah denger,
Si jago biru pun juga tak.

Lapangan hijau tempat sepak-sepakana,
Istana merah adalah Alhambra,
Lembah biru ada aku tau.

Kerah biru istilah pekerja,
Kerah merah belum ada,
Kerah hijau apa pula.

Hijau royo-royo istilah politik,
Merah royo-royo belum denger,
Biru royo-royo pun gituh.

Bendera Asia dominan merah,
Bendera Afrika dominan hijau,
Bendera Eropah banyak birunya.

Silahkan yang mau nambahin,
Atau yang mau ngurangin,
Atau ngomentarin.

Silahkan!
Salam Pikir Tiga!

Iklan

36 Tanggapan

  1. ^_^
    belum tahu apa arti merah hijau dan biru
    itu warna dasar yah pak?!

  2. Warna itu bisa-bisaku saja. Mba!
    Tunjukkan lah bisamu, agar
    Semakin banyak “bisa” yg bermanfaat.

    Salam Pikir Tiga!

  3. Salam kenal…yang udah dikenal

    Kocak…hehehe

    Laut merah sering denger
    Langit biru apalagi
    Laut hijau? apaan? Penuh lumut? Apalagi langit hijau?

    Raport merah, jelek
    Raport biru, lumayan
    Raport hijau? ga pernah denger

  4. Eh eh eh …!
    Laut penuh lumut!
    Itu mah kolam …!
    Kolam Pa Sipik,
    Kali!

    Salam kenal lagi,
    Walau dah kenal!

  5. bibir berwarna merah artinya STOP
    bibir berwarna biru artinya orang itu sakit
    bibir berwarna hijau “tuh bibir minta di sosor” karna hijau artinya JALAN TERUS he..he..

    Salam kenal….

    • He..he..!
      Salam Kenal Maya!
      Tanpa sari maupun pada!
      Ntar dikira slam bus mayasari
      Atau slam dunk mayapada!
      Ah!

      Ya!
      Jidat kejedot biru,
      Bibir kesosor merah jambu,
      Urat-urat pd ijo kejang-kejang,
      Varises kali, ya!

      Eh..eh..eh..!

  6. aku jadi teringat pelangi…

    hehe boleh juga tu tulisanmu..top dech!

    di tambahin lagi donk..apa kek..hehe..

    oiya salam kenal ya!

  7. Salam Maya Bagoes!

    Ya, pelangi.
    Pelangi juga pada kehidupan.
    Pelangi juga pada kematian,
    Pelangi juga pada kelahiran.

    Salam!

  8. Penggabungan 3 warna menghasilkan putih…
    Akan tetapi yang sebenarnya adalah:putih menghasilkan 3 warna…yaitu…hijau,biru,dan merah…

    Oh iya jangan pernah menjadi hitam ya… Salam dari putih…^_^…

    • Ya ya ya!
      Dgn sinar segala warna dimungkinkan.
      Tanpa sinar segala warna menjadi hitam.
      Terima kasih sinar anonymous!

      Salam Putih!

  9. berry merah namanya stroberry ato redberry
    berry biru namanya bluberry
    kalo berry putih namanya apa? albino?
    merah putih biru…..kayak bendera belanda aja…aq jg pernah pake baju merah putih n pake rok biru…

    • Hehe … albino berry.

      Ada sudut merah utk penantang
      Ada sudut biru utk yg bertahan
      Nggak ada sudut hijau utk siapa?

      Ya, sudut putih untuk sisfaiyer.

      Salam Damai Des!

  10. Kalo KD yg putih jadi manohara(coba kalau poto manohara dicoklatkan kan jd KD)
    Kalo KD dari Hollywood namanya megan fox
    Kalo KD dangdut yaitu Kristina
    kalo Krisdayanti asli apa itu?

    • Ku tak tau
      Ku tak tau
      Ku jemu!

      Kalo Krisdayanti asli?

      Ah… Semuanya palsu
      Selangnya palsu, tabung gasnya palsu
      Semua ingin meledak …
      Apa masih ada yg asli di Indonesia ini?

      Salam Damai!

      • Ada Kang! Kemasabodohan itu asli, kang, tidk dibuat buat.

        salam 3 kg.

      • Hehe!
        Betul juga Kang hh teh.
        Yang asi ialah beuleugugnya ya.

        Banyak kutengok di tipi , mereka yg diponis bersalah malah masih senyam-senyum aja tuh, bukannya mikir atau merenung atau malu. Eh, jangan-jangan mereka itu tidak punya kemaluan sikit pun, hh!

        Salam Damai

  11. Versi 1: Ada batu merah delima(ruby)
    Ada pula batu biru nilam(sapphire) Ada lagi batu hijau zamrud(emerald) Versi 2: Ada laut merah Ada laut biru(warna asli) Tak pernah denger laut hijau

  12. atau laut ijo itu kalo selautan dipenuhi alga ato ganggang ijo?mungkin saja

    • Ya! Mungkin saja!
      Mungkin juga itu namanya kolam.
      Kolam yg banyak sekali lumutnya.

      Utk batu-batuan versi-1 boleh juga tuh dev.
      Tapi utk batu bata cuma ada bata merah.
      Utk kerang-keranggan cuma ada kerang hijau.

      Salam Damai!

  13. Lagi lagi Belanda!
    Versi 1:Mata merah itu sakit.Mata biru itu orang bule atau memar.Mata putih apaan?buta?
    Versi 2:Ada apel merah.Apel putih albino mungkin.Apel biru tidak mungkin.
    Versi 3:Ada bawang merah.Ada bawang putih.Tidak ada bawang biru.
    Versi 4:Ada pare putih.Belum pernah lihat pare merah.Apalagi pare biru.

    • Hehe, aya aya wae!
      Ta’ bumbuin dengan
      Cabe merah, cabe ijo, cabe biru yak mungkin.

      Salam Damai!.

  14. mau tau,kenapa aku suka belanda?karena idungku lancip

    • Belanda terkenal dgn kepala kotak,
      Bukan idung lancip!
      Katanya … hehehe!

      Salam Damai Des/Dev!

  15. Ada lagi nih:

    The Red adalah Liverpool FC
    The Blue adalah Chelsea FC
    The Green nggak adalah!

    Merah-merah PSM
    Biru-biru Bandung
    Ijo-ijo bonek Surabaya, Medan bah juga.

    Salam Damai!

  16. biru biru itu babak belur
    merah merah itu disabetin
    hijau hijau itu apaan?

    • Hh!
      Biru-biru ditonjokin mukanya,
      Merah-merah disabetin punggungnya,
      Ijo-ijo itu … Hulk tukang tonjok dan sabet?

      Salam Damai!

  17. Ya ampun,Maren,Belanda itu matanya bundar,rambutnya pirang,tinggi,putih n idungnya lancip.Bukan kepalanya kotak.Emangnya alien?

  18. Maaf,ada yang lupa.Belanda itu matanya biru

  19. Iya deh! Belanda idung lancip.
    Tetangganya bilang Square Head, pemalas!
    Ayo, cari lagi RGB-nya!

    Salam Damai!

  20. ada ros merah
    Ada ros biru ato ros ungu
    Ros ijo itu ros aneh
    Awas ya,ntar kak Ros marah.Kak Ros kan galax

    • Betul betul betul!
      Ros itu galax,
      Durinya!

      Salam Damai!

  21. ada merah bata
    aneh sekali hijau bata
    apalagi biru bata

    hijau daun itu klorofil
    merah daun itu tak ada
    apalagi biru daun

    ada biru bulan
    merah bulan mungkin planet mars
    hijau bulan belum pernah denger

    • Muarah-marah muka merah,
      Terharu-haru biru,
      Kacau-kacau ijo?

      Salam Damai!

  22. R: tomat merah untuk jus
    G: tomat hijau untuk sayur
    B: tomat biru sangatlah aneh

  23. tomat biru emang aneh
    tomat biru tomat kawin silang.hehehe

    • Tomat itu bumbu lauk:

      Ada Kakap merah,
      Ada Paus biru
      Lalu lauk apa yg ijo? hh
      Masa kawin silang juga!

      Salam Damai!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s